Rahasia Pemakaian Warna Merah dan Kuning Pada Logo Makanan Cepat Saji

Rahasia Pemakaian Warna Merah dan Kuning Pada Logo Makanan Cepat Saji

Ilustrasi palet warna © Gambar: Scott Webb @scottwebb/Unsplash

Jika Kawan GNFI sebagai penggemar makanan cepat saji atau fast food, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai logo yang terpampang, baik di depan restoran ataupun di kemasan mereka.

Jika kalian memperhatikan, hampir semua logo di restoran cepat saji ini mempunyai kemiripan, yakni didominasi dengan warna kuning dan merah.

Contoh makanan cepat saji di Indonesia yang menggunakan warna-warna tersebut yaitu Hokben dan juga California Fried Chicken (CFC).

Logo dari restoran cepat saji CFC | Foto: Kabarnesia.com

Adakah diantara dari kalian yang mengetahui alasannya?

Banyak yang tidak tahu atau bahkan mungkin tidak sadar, kenapa warna merah dan kuning sangat dominan dan identik dengan restoran cepat saji.

Bukan hanya sekedar urusan estetika saja, ternyata penggunaan kombinasi warna yang cerah tersebut mempunyai makna khusus lho. Jika kalian ingat, adakah dari kalian yang pernah merasa lapar dan tergoda untuk menyantap menu dari sebuah restoran cepat saji hanya dengan melihat logonya?

Ternyata, di balik keceriaan pada warna logo tersebut, ia memang sengaja didesain khusus untuk menarik perhatian para pengunjung dan membuat mereka lapar. Dilansir Cosmopolitan ternyata, preferensi pembelian kita sangat dipengaruhi dengan warna. Keputusan pembeli tersebut akan terjadi hanya dalam waktu singkat, sekitar 90 detik saja.

Dikutip dari Business Insider, terdapat sebuah penelitian dalam jurnal Keputusan Manajemen juga mengungkapkan bahwa sebesar 62 hingga 90 persen keputusan pembelian tersebut didasarkan pada warna yang dilihat.

Lantas, apa makna dari penggunaan warna kuning dan merah yang mendominasi logo restoran cepat saji? Yuk kita simak ulasannya.

Dilansir dari Tribuntravel.com yang mengutip dari Viralsection.com, alasan penggunaan dua warna ini erat hubungannya dengan psikologi.

Logo dari makanan cepat saji Hokben | Foto: Hargadisko.com

Warna kuning sendiri melambangkan sebuah kehangatan dan kenyamanan, sehingga membuat rasa dari makanan cepat saji identic dengan kenyamanan yang dirasakan oleh penikmatnya. Tidak hanya itu, warna merah sendiri dipercaya mampu menstimulasi rasa lapar dan rasa bahagia terhadap manusia.

Jika keduanya digabungkan, tidak hanya menghasilkan perpaduan warna yang mencolok yang menarik perhatian, namun juga dipercaya dapat membujuk kita agar tergoda untuk mencicipi makanan cepat saji mereka.

“Warna memainkan peran yang sangat penting dalam strategi penjualan, terkait dengan bagaimana orang-orang mampu menginterpretasikan dan memprosesnya. Entah sadar atau tidak, warna memiliki konotasi tersendiri dan kita membuat penilaian secara spontan saat melihatnya,” jelas Nikki Hesford, pakar Marketing dan pendiri Business Academy.

Penggunaan warna khusus ini tidak hanya diterapkan pada restoran makan cepat saji saja. Namun juga pada merek-merek lainnya. Seperti, restoran sehat, tentu saja akan menggunakan warna hijau sebagai warna dasar pada logo, sesuai dengan interpretasi warna tersebut yang melambangkan tumbuhan.

Bagaimana dengan Kawan GNFI, apakah warna merah dan kuning di logo makanan cepat saji sering menggoda kalian sehingga membuat lapar dan kalap?


Catatan kaki: Kumparan | Tribuntravel

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Dibuka Sebelummnya

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Dibuka

Dari Bandung ke Langit Himalaya Selanjutnya

Dari Bandung ke Langit Himalaya

Asriyati .
@asriyati

Asriyati .

Hii Saya mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang lagi magang di Good News From Indonesia, bimbing aku yaa.. hehe

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.