Tumbuhkan Minat Sains pada Siswa, Geothe-Institute Konsisten Bekerjasama dengan UK Petra Gelar SFF

Tumbuhkan Minat Sains pada Siswa, Geothe-Institute Konsisten Bekerjasama dengan UK Petra Gelar SFF
info gambar utama

Geothe-Institute, Pusat Kebudayaan Jerman bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya dalam menggelar Science Film Festival (SFF) di Universitas Kristen Petra. Acara yang bertemakan “Humboldt dan Jaring Kehidupan” ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 7 dan 8 November mengundang peserta dari kalangan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan total mencapai 900 peserta. Seperti rangkaian acara SFF di tempat lain, rangkaian SFF di UK Petra terdiri dari penayangan film-film bertemakan sains serta demo eksperimen sains bersama peserta. Selain itu, rangkaian acara SFF juga disertai pameran sains serta kompetisi sains yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP.

Antusiasme para siswa dalam mengikuti rangkaian kegiatan SFF di Surabaya. | Foto SFF
info gambar

Menurut Dian Wulandari selaku Kepala Perpustakaan UK Petra, SFF telah 6 kali berkolaborasi dengan UK Petra. Hal yang mendasari konsistensi diselenggarakan SFF di UK Petra adalah ingin menumbuhkan minat para siswa teruma siswa SD dan SMP dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Selain itu, testimoni para peserta dari tahun ke tahun turut meneguhkan terselenggaranya SFF di UK Petra setiap tahunnya mulai tahun 2013.

SFF sendiri secara serentak di adakan di 51 kota di Indonesia mulai tanggal 22 Oktober hingga 24 November 2019. Sementara, SFF diadakan di kota Surabaya mulai tanggal 24 Oktober hingga 8 November 2019 di berbagai tempat, salah satunya di UK Petra. Hal tersebut berarti upacara penutupan agenda SFF 2019 di Surabaya akan diadakan di UK Petra. Namun, kawan GNFI tidak perlu khawatir, karena SFF masih ada di kota-kota lain dari Sabang hingga Merauke.


Catatan kaki: Science Film Festival

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini