Belajar Menyajikan Informasi Menarik melalui Workshop Infografis

Belajar Menyajikan Informasi Menarik melalui Workshop Infografis
info gambar utama

Pada 7 November 2019 lalu, Pemprov. Jawa Timur melalui Badan Koordinasi Wilayah Pembangunan dan Pertumbuhan (BAKORWIL) III di Malang telah mengadakan Workshop Infografis di Hotel Horrison Pasuruan. Workshop tersebut diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari KIM Pasuruan. Pemateri yang hadir pada Workshop Infografi yakni Akhyari Hananto seorang Founder Good News From Indonesia (GNFI) dan Juang Nugraha selaku Tim Kreatif dari Good News From Indonesia.

Pemateri Juang Nugraha. | Foto GNFI
info gambar

Workshop Infografis diadakan guna menambah wawasan mengenai penyajian informasi kepada masyarakat. Infografis sendiri yakni sebuah representasi sebuah informasi, data, atau ilmu pengetahuan secara grafis. Melalui infografis, informasi tertulis dapat dibuat secara sederhana dan dengan bentuk visual yang dapat menarik untuk dibaca. Hal tersebut dikarenakan, orang-orang lebih mudah mengolah informasi dalam bentuk visual daripada informasi yang disajikan secara tekstual.

Juang, selaku pemateri workshop menjelaskan mengenai infografis hingga tahapan-tahapan yang dapat dilakukan oleh peserta dalam membuat infografis. Materi-materi yang disamapaikan antara lain elemen dasar dalam membuat infografis, space (ruang) yang dibutuhkan pada konten infografis, posisi konten dan informasi, ilustrasi yang digunakan serta tips-tipsnya. Seteleh sesi sharing materi infografis, juga dilanjutkan dengan sesi latihan untuk membuat infografis berdasarkan informasi yang telah disediakan. Pemateri lain, yakni Akhyari Hananto menyampaikan materi mengenai era Gig Economy. Materi yang disampaikan ini juga penting karena dapat digunakan sebagai konten infografis. Peserta yang hadir terlihat sangat antusias dalam mengikuti workshop terlihat saat sesi latihan. Pada sesi latihan, peserta dengan tekun mengikuti arahan dari pemateri, yakni Juang.

Sesi latihan membuah infografis. | Foto GNFI
info gambar

Dengan diselenggarakannya workshop ini, informasi dari pemerintah pusat harus segera diteruskan ke pemerintah dan masyarakat di daerah-daerah karena beberapa informasi memiliki tenggat waktu. Oleh sebab itu, pendistribusian informasi melalui infografis menjadi salah satu media yang cocok. Hal tersebut dikarenakan melalui konten yang sederhana namun terdapat informasi yang padat serta menarik untuk dibaca. Sehingga informasi dapat dengan cepat sampai ke masyarakat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini