Danau-danau Penuh Pesona di Atas Gunung

Danau-danau Penuh Pesona di Atas Gunung
info gambar utama

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam, hal tersebut bisa dijumpai di gunung-gunung yang berada dari barat hingga timur Nusantara. Salah satu panorama yang ditawarkan oleh beberapa gunung di Indonesia adalah keberadaan danau di ketinggianya.

Gunung umumnya terkenal dengan vegetasi dan binatang unik yang mungkin jarang ditemukan di dataran yang tak cukup tinggi, namun sebenarnya masih banyak yang bisa ditemukan dalam pendakian suatu gunung.

Keberadaan danau di sebuah gunung adalah salah satu hasil gejala alam yang dapat memanjakan mata. Di Indonesia, beberapa di antaranya sudah dikenal keindahannya oleh masyarakat.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo | Foto: idntimes.com
info gambar

Danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini merupakan salah satu detinasi yang sudah dikenal masyarakat. Lokasinya yang berada di Gunung Semeru pun semakin populer kala sebuah film di tahun 2012 mejadikannya sebagai salah satu latar tempat pengambilan gambar.

Keindahan Ranu Kumbolo memang tak usah diragukan. Lokasinya yang terletak di antara bukit-bukit membuat suasana matahari pagi dan sore terlihat semakin indah. Tak hanya itu danau tersebut juga menjadi sumber air bagi para pendaki.

Untuk mencapai kawasan sekitar Ranu Kumbolo yang juga biasa dijadikan tempat kemah, dibutuhkan waktu sekitar lima jam pendakian dari titik awal pendakian di Ranu Pane.

Segara Anak

Segara Anak | Foto: phinemo.com
info gambar

Danau ini terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat tepatnya di Gunung Rinjani. Danau yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl tersebut memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan luas lebih dari 1.000 hektar.

Tak hanya menikmati keindahannya pendaki yang singgah di lokasi tersebut juga bisa melakukan aktivitas memancing karena danau tersebut yang dihidupi oleh banyak ikan.

Danau Taman Hidup

Danau Taman Hidup | Foto: travelingyuk.com
info gambar

Danau yang berada di Gunung Argopuro ini bisa dijumpai beberapa jam setelah pendaki berjalan dari jalur pendakian bremi. Walaupun tak setenar Ranu Kumbolo, lokasi yang terkenal bernuansa mistis tersebut juga memiliki keindahan yang bisa memanjakan mata.

Kawasan ini juga menjadi habitat berbagai jenis ikan yang membuat pendaki bisa memancing untuk tambahan bekal mereka. Tak hanya itu, babi hutan dan kancil juga kerap berada di sekitarnya.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh | Foto: rantinghijau wordpress com
info gambar

Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi yang ada di Asia Tenggara, lokasi tersebut juga masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Penduduk sekitar banyak yang berprofesi sebagai nelayan dan memanfaatkan lokasi tersebut sebagai tempat mencari ikan.

Posisi Danau Gunung Tujuh sendiri dikelilingi oleh tujuh gunung yang di antaranya adalah Guung Hulu Tebo, Gunung Madura Besi, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, Guung Lumut, Gunung Hulu Sangir dan Gunung Tujuh.

Untuk menikmati keindahan Danau Gunung Tujuh yang berada di belakang Gunung Kerinci, dibutuhkan waktu perjalanan dua hinngga tiga jam dari gerbang Taman Nasional Kerinci Seblat.

Talago Dewi

Talago Dewi | Foto: youtube/papachili paragliding
info gambar

Untuk menikmati pemandangan Danau Talago Dewi yang berada di Gunung Singgalang, dibutuhkan waktu sekitar empat sampai lima jam pendakian.

Talago Dewi merupakan sebuah kawah yang sudah terisi dengan air yang bisa dikonsumsi. Letak danau yang dikelilingi pohon cantigi tersebut juga tidak jauh dari puncak Gunung Singgalang, yaitu sekitar 15 hingga 30 menit.

Lembah Danau-danau

Lembah Danau-danau | Foto: kompas.com
info gambar

Lokasi ini adalah pos kemah terakhir yang ada di Gunung Carstenz. Kawasan yang dipenuhi dengan danau-danau kecil berwarna toska tersebut berada di ketinggian 4.250 mdpl.

Sumber: detik.com | telusuri.id | brobali.com | liputan6.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AH
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini