Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?
info gambar utama

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat, baik berjarak jauh maupun jarak dekat. Dengan kereta api, masyarakat dapat menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang relatif cepat dan terkadang disajikan pemandangan dari luar kereta api yang memanjakkan mata. Nah, bagi kawan GNFI pengguna kereta api khususnya yang biasa wira-wiri di wilayah Jawa Timur, mulai Desember mendatang ada 4 stasiun yang berganti nama, lho. Kawan GNFI perlu perhatikan ketika memesan tiket perjalanan kereta api, ya.

Pengumuman resmi penggantian nama stasiun kereta api di Jawa Timur dipublikasikan melalui akun resmi perusahaan PT Kereta Api Indonesia (@kai121_). Stasiun-stasiun yang berganti nama yakni Stasiun Paron menjadi Stasiun Ngawi, Stasiun Barat menjadi Stasiun Magetan, Stasiun Banyuwangi Baru menjadi Stasiun Ketapang dan Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Perubahan nama stasiun ini sudah di update pada website PT Kereta Api Indonesia serta aplikasi KAI ACCESS. Nah, kawan GNFI bisa cek nanti, ya.

Informasi resmi terkait perubahan nama stasiun. | Foto : Istagram @kai121_
info gambar

Bergantinya nama stasiun tentunya tidak terjadi tanpa alasan. Melalui proses yang cukup panjang dan diskusi dengan beberapa pihak, akhirnya stasiun-stasiun tersebut di atas resmi berganti nama. Berikut adalah beberapa alasan dari penggantian nama stasiun.

  1. Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengusulkan penggantian nama kepada pihak PT Kereta Api Indonesia DAOP 9 (Daerah Operasi) Jember. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan wisatawan dan orang awam yang berkunjung ke Banyuwangi sehingga tidak salah menentukan stasiun untuk turun. Menurutnya, banyak orang awam yang datang ke Stasiun Banyuwangi Baru (berganti menjadi Ketapang) namun sebenarnya orang tersebut ingin turun di Banyuwangi Kota (dulu Karangasem). Sehingga penggantian kedua nama stasiun tersebut diharapkan mampu memberikan informasi lebih serta mempermudah akses bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Informasi terbaru perihal pergantian nama stasiun sudah ada di aplikasi KAI ACCESS. | Foto : PT KAI
info gambar

  1. Ngawi

Stasiun Paron merupakan stasiun yang berada di dekat pusat Kabupaten Ngawi, yakni berjarak 8-10 km. Penggantian nama stasiun ini guna memudahkan pengguna kereta api untuk menentukan lokasi atau nama stasiun yang nantinya hendak digunakan sebagai tempat pemberhentian dengan tujuan dekat pusat Kabupaten Ngawi. Ngawi sendiri memiliki 3 stasiun yakni Stasiun Paron (kini berganti Stasiun Ngawi), Stasiun Geneng, Dan Stasiun Keduggalar. Dari ketiga stasiun tersebut, Stasiun Paron lah yang paling dekat dengan pusat Kabupaten Ngawi.

  1. Magetan

Stasiun Barat merupakan satu-satunya stasiun yang berada di Kabupaten Magetan. Untuk lebih memudahkan wisatawan yang hendak berkunjung ke Magetan, maka usulan penggantian nama stasiun dari pemerintah daerah setempat akhirnya disetujui.

Nah, kini kawan GNFI sudah tahu stasiun-stasiun mana saja di Jawa Timur yang berganti nama. Jangan sampai salah pilih stasiun ya.


Catatan kaki: PT KAI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini