Mengenal Sosok Dalang Cilik dari Kebumen

Mengenal Sosok Dalang Cilik dari Kebumen

Damar (tengah) saat sedang berlatih © Della Aniswara/GNFI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Wayang merupakan salah satu warisan budaya khas Indonesia. Sudah sepatutnya wayang tetap dilestarikan dan dijaga oleh generasi penerus bangsa. Namun saat ini, pagelaran wayang mulai kurang diminati oleh generasi muda, karena pertunjukan wayang identik dengan tontonan orang tua.

Hal tersebut tidak berlaku bagi Nararya Damar Suci Ardiansyah, atau yang lebih akrab disapa Damar. Dalang cilik berusia 8 tahun asal Kebumen ini mulai dikenalkan tokoh-tokoh wayang oleh keluarganya saat usianya masih 2 tahun.

Ketertarikan Damar terhadap wayang mulai timbul kala diajak menonton pertunjukan wayang oleh kakeknya di usia 1 tahun. Saat ditemui oleh GNFI, Damar mengatakan tokoh wayang favoritnya ialah Bima.

"Tokoh wayang favoritnya Damar itu Bima, soalnya kan Bima kuat," ucap Bima.

Damar telah dua tahun belakangan ini menekuni wayang secara serius. Ia diajari oleh gurunya yang bernama Mbah Surawan. Beliau bukan merupakan seorang dalang, tapi seorang guru karawitan yang memiliki kecintaan terhadap wayang.

Saat awal-awal bermain wayang, Damar mengaku masih kesulitan untuk memegang wayang dan sulit beradaptasi dengan bahasa yang dibawakan saat bermain wayang.

Untuk semakin menguji kemampuannya dalam bermain wayang, Damar juga sudah mengikuti beberapa kompetisi wayang, yaitu Temu Dalang Bocah Nusantara 8 yang diadakan di Solo, dan Festival Dalang Bocah ke-10 tingkat Nasional di Jakarta.

Meskipun belum mendapatkan gelar juara dalam kompetisi, Damar mengaku senang untuk tampil dan ikut kompetisi tersebut.

''Damar belum mudeng (ngerti) menang atau kalahnya, sing penting di uwel-uwel karo Pak Anies (yang penting di usap-usap oleh Pak Anies)," ucap Kakek Damar menceritakan cucunya mengikuti kompetisi di Jakarta.

Wahyu Aji, CEO GNFI (kiri); Damar (tengah); bersama Palupi Candra, Head of Corporate Communication Martha Tilaar Group (kanan) | Foto: Della Aniswara/GNFI

GNFI juga sempat bertemu dengan Damar saat dia sedang berlatih di Roemah Martha Tilaar, kami menanyakan kalau Damar ingin menjadi tokoh wayang, Damar ingin menjadi siapa?

"Damar mau jadi Janoko kalau jadi tokoh wayang, selain Janoko merupakan tokoh yang paling ganteng dan yang paling hebat dia juga yang paling sakti.''

Damar juga tak seperti anak kecil pada umumnya, ia mengaku lebih menyukai bermain wayang daripada bermain handphone. ''Kalau bermain handphone bisa menyebabkan mata rusak, makanya main wayang aja.''

Keahlian Damar menjadi dalang membuktikan kalau budaya Indonesia masih lestari di Generasi Z yang kini akrab dengan teknologi. Semoga akan muncul Damar-Damar lainnya di berbagai daerah di Indonesia.***

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Feel the New Jazzperience bersama Jazz Goes To Campus! Sebelummnya

Feel the New Jazzperience bersama Jazz Goes To Campus!

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak Selanjutnya

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak

Della Aniswara
@dellaaniswara

Della Aniswara

www.linkedin.com/in/della-aniswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.