SEA Games 2019: Indonesia Menangi Laga Pertama Cabor Sepak Bola

SEA Games 2019: Indonesia Menangi Laga Pertama Cabor Sepak Bola
info gambar utama
  • Indonesia memulai langkah di SEA Games 2019 cabor sepak bola putra dengan mantap.
  • Timnas U-23 menang 2-0 lawan juara bertahan, Thailand.
  • Gol dicetak Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Timnas U-23 sukses memenangi laga pertamanya di penyisihan Grup B SEA Games 2019 Filipina. Garuda Muda mengalahkan Thailand dua gol tanpa balas, sore ini (26/11) di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Baru empat menit laga berjalan, tim asuhan Indra Sjafri langsung unggul. Berawal dari sepak pojok, kemelut yang terjadi di depan gawang Thailand berhasil dikonversi menjadi gol oleg Egy Maulana Vikri.

Tersengat oleh gol cepat Indonesia, Thailand U-23 yang diarsiteki Akira Nishino, pelatih timnas Jepang di Piala Dunia 2018, langsung menaikkan intensitas serangan. Namun kokohnya tembok pertahanan Indonesia membuat Changsuek gagal menyamakan kedudukan.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan Indonesia 1-0.

BACA JUGA: Wahai Sepak Bola Indonesia, Bersabarlah Seperti Finlandia

Di babak kedua, Indra Sjafri terlihat ingin lebih memperkokoh pertahanan Indonesia. Ini terlihat dengan masuknya Rachmat Irianto menggantikan Evan Dimas, dan ditarik keluarnya Egy Maulana Vikri. Sebaliknya, Thailand terus memasukkan pemain dengan naluri menyerang tinggi.

Garuda Muda sempat terkepung dan Thailand beberapa kali melancarkan serangan berbahaya. Sial bagi Thailand, lini belakang Indonesia sangat solid sore ini, khususnya kiper Nadeo Argawinata yang tampil tanpa cela di bawah mistar.

Keasyikan menyerang, Thailand lupa bertahan. Sebuah serangan balik yang dilancarkan Indonesia empat menit jelang bubaran, berakhir dengan gol Osvaldo Haay. Skor 2-0 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Bagi Indonesia ini adalah awalan yang sangat bagus untuk mengarungi Grup B yang berisi 6 tim. Kemudian bagi Thailand, kekalahan ini mencoreng muka mereka karena datang berstatus juara SEA Games 2017 cabor sepak bola putra.

BACA JUGA: Satu Lagi Klub Indonesia yang Akan Masuk Bursa Saham

Di pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura pada Kamis (28/11), kemudian pada 1 Desember melawan Vietnam, dua hari berselang (3/12) berjumpa Brunei, dan ditutup dengan meladeni perlawanan Laos (5/12).

Tiga pertandingan yang disebut pertama digelar di Rizal Memorial Stadium, sedangkan laga melawan Laos dilangsungkan di Imus Grandstand and Track Oval.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini