Pelindo III dan Inovasinya untuk Indonesia

Pelindo III dan Inovasinya untuk Indonesia

Direktur Pelindo III Doso Agug © PT Pelindo III

Sebagai wujud apresiasi kepada mitra bisnis yang telah berkontribusi kepada perusahaan, PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar penganugerahan pelanggan di pengujung tahun 2019.

Acara bertajuk "Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III Sinergi Bersama Membangun Negeri" ini diselenggarakan di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (4/12) dengan mengundang 139 perusahaan dari pelayaran, cargo owner, maupun EMKL.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, mengatakan penganugerahan pelanggan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa yang setia menggunakan jasa dan layanan serta memberikan kontribusi besar kepada Pelindo III.

"Ajang penganugerahan pelanggan ini juga sebagai upaya untuk mendorong perusahaan mereka agar dapat semakin meningkatkan produksinya," jelas Doso.

Penghargaan diberikan kepada 49 perusahaan yang terdiri dari perusahaan pelayaran dan pemilik barang mulai meliputi curah kering, curah cair, general cargo, RoRo/penumpang, cruise, peti kemas domestik dan peti kemas internasional.

Penghargaan tersebut dibagi dalam 9 kategori yaitu pioneer in digital vessel services, pioneer in digital terminal services, reliable and trustworthy customer, ace of customer initiative in terminal services, ace of customer initiative in vessel service, bright star newcomer, ace of customer initiative in business improvement, excellent strategic partnership, dan key contributor customer.

Sementara itu Direktur Operasi dan Komersial, Putut Sri Muljanto menjelaskan beberapa inovasi dan program strategis yang dilakukan Pelindo III semata-mata untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan layanan guna mendukung bisnis mereka, mulai dari pemberlakuan tarif transhipment peti kemas domestik antar-terminal, untuk mengurangi biaya logistik sebesar 65% dari tarif normal.

Caption (Sumber Gambar)
Dok. penulis

Di sisi lain, Pelindo III juga terus melakukan percepatan pelayanan di antaranya dengan membangun Pelabuhan Gili Mas dengan dermaga sepanjang 440 meter dan mampu menampung kapal Cruise guna mendukung program pemerintah mencapai target 20 juta wisatawan.

Pelayanan keluhan pelanggan yang online 24 jam 7 hari non stop, fasilitas shore connection yang mampu menekan biaya operasional bongkar muat sebesar 40 persen, dan mempercepat kegiatan bongkar muat yang semula 4-5 hari menjadi 3-4 hari.

Selain itu juga ada digitalisasi layanan seperti Integrated Billing Sytem (IBS) untuk mempermudah pengguna jasa melakukan transaksi pelayanan yang lebih efisien dalam hal waktu dan biaya, serta dapat melakukan monitoring secara real time.

"Upaya peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam menekan biaya logistik tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri namun perlu dilakukan bersama-sama dan bersinergi antara BUMN dan swasta. Pelindo III sebagai penyedia jasa kepelabuhanan harus bersinergi dengan pengguna jasa seperti pelayaran dan pemilik barang agar daya saing sistem logistik nasional dapat tercapai," imbuh Putut.

Throughput Pelindo III

Berdasarkan data trafik hingga Oktober 2019, arus kapal mencapai 63.990 unit, mengalami kenaikan sebesar 16 persen dibandingkan tahun lalu periode yang sama tercatat sebanyak 55.120 unit. Kenaikan arus kapal tersebut diikuti meningkatnya arus barang, petikemas dan penumpang.

Untuk arus barang mencapai 2.731.543 M3 hingga Oktober 2019 atau naik sebesar 3 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama tercatat 2.651.290.

Arus peti kemas hingga Oktober 2019 tercatat 4.450.803 TEUs atau naik sebesar 2 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama sebanyak 4.370.625 TEUs.

Sementara itu arus penumpang mencapai 2.983.159 orang atau naik sebesar 16 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama tercatat sebanyak 2.579.059 orang.

Kemudian arus hewan mengalami penurunan, tercatat hingga Oktober 2019 mencapai 105.334 ekor atau menurun sebesar 6 persen jika dibandingkan tahun lalu periode yang sama yang tercatat sebanyak 111.564 ekor.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kotagede Yogyakarta Wakili Indonesia dalam Daftar Kota Terindah di Asia Sebelummnya

Kotagede Yogyakarta Wakili Indonesia dalam Daftar Kota Terindah di Asia

Dinilai Efektif Atas Banjir, Terowongan Nanjung Diresmikan Selanjutnya

Dinilai Efektif Atas Banjir, Terowongan Nanjung Diresmikan

Rejive Dewangga
@rejive

Rejive Dewangga

https://edukasiempatnol.com

CEO & Founder Edukasi 4.0 / Digital Marketer / Mentor

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.