Tiga Kota Indonesia Masuk 100 Kota Terpopuler Dunia untuk Wisata

Tiga Kota Indonesia Masuk 100 Kota Terpopuler Dunia untuk Wisata

Pulau Bali © twisata.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Pariwisata di Indonesia memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Ada berbagai wisata yang ditawarkan dari Sabang sampai Merauke dengan beragam kebudayaan yang ada.

Setiap daerah atau kota tentu memiliki suku dan kebudayaan, serta ciri khas masing-masing. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi kota-kota yang ada di Indonesia, baik wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Tak bisa dipungkiri, dengan datangnya wisatawan asing ke berbagai pariwisata di Indonesia dapat meningkatkan devisa negara.

Euromonitor International selaku penyedia terkemuka dunia intelejensi bisnis global dan analisis pasar strategis membuat laporan tentang destinasi wisata dunia setiap tahunnya.

Tahun ini, Euromonitor International merilis laporan 100 Destinasi Kota Teratas dan hasilnya ialah tiga kota di Indonesia masuk dalam daftar 100 Kota Paling Populer untuk Destinasi Wisata Global 2019.

Tiga kota tersebut adalah Denpasar yang berada pada peringkat 32, Jakarta di peringkat 57, dan terakhir Batam berada di peringkat 91. Laporan tersebut berfokus pada peringkat kota-kota terkemuka di dunia berdasarkan kedatangan turis asing.

Masuknya Indonesia ke dalam 100 Kota Paling Populer tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Tanah Air. Hal tersebut tentulah harus dipertahankan bahkan ditingkatkan kembali.

Tiga kota di atas tentu sudah tidak asing lagi bukan bagi Kawan GNFI? Lantas, apa yang membuat tiga kota di atas masuk ke dalam 100 Kota Paling Populer?

Kota Denpasar

Salah satu destinasi wisata di Denpasar | Foto: turkishairlines.com

Denpasar merupakan ibu kota provinsi Bali dengan luas 127,78 km² dan memiliki beragam wisata. Pertumbuhan industri pariwisata mendorong Kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan Denpasar sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dengan pertumbuhan tertinggi di Bali.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali hingga Juni 2019 mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 549.751 dengan 549.718 kunjungan melalui jalur udara, dan 33 melalui jalur air. Hal tersebut meningkat 13,17% dibanding tahun 2018 lalu.

Destinasi wisata terbaik yang bisa dikunjungi di Denpasar, antara lain Konservasi Oenyu dan Kura, Pura Agung Jagatnatha, Art Centre Bali, Bajra Sandhi Renon, Wisata Hiu, Taman Werdhi Budaya Art Centre, Pantai Sanur, dan masih banyak lagi.

Kota Jakarta

Monumen Nasional di Jakarta | Foto: jelajahsamboja.com

Jakarta yang dijuluki sebagai kota metropolitan ini adalah ibu kota Indonesia dengan luas wilayah 7.659,02 km2 dan merupakan kota terbesar di Indonesia. Sebagai kota yang menjadi pusat perekonomian dan menyandang predikat pusat segalanya, Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi.

Tak hanya wisatawan lokal, banyak pula wisatawan asing berkunjung ke Jakarta. Menurut data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta selama Juni 2019 tercatat ada 191.550 kunjungan. Angka itu meningkat 21,72 persen dibandingkan dengan Mei 2019 dengan total kunjungan 157.367.

Destinasi wisata di Jakarta yang dapat dikunjungi antara lain Monumen Nasional, Kota Tua Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, dan sebagainya.

Kota Batam

Kota Batam | Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kota Batam merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki luas wilayah 960.25 km2. Dengan letak yang sangat strategis, Kota Batam berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Destinasi wisata di Kota Batam pun tidak kalah indah dan menarik dengan dua kota di atas lainnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Batam sepanjang Januari hingga Juli 2019 menembus angka 1 juta kunjungan, tepatnya 1.086.796.

Ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Batam, seperti Ocarina Park Batam, Pantai Marina, Pantai Vio Vio, Pulau Abang Besar, dan masih banyak lagi.


Referensi: kompas.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih22%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Temu Usaha untuk Tingkatkan Daya Saing dan Kualitas UKM Sebelummnya

Temu Usaha untuk Tingkatkan Daya Saing dan Kualitas UKM

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Dessy Astuti
@desstutt

Dessy Astuti

Literasi-kata.blogspot.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.