Barisan Tokoh Wanita Tangguh Indonesia (Bagian 1)

Barisan Tokoh Wanita Tangguh Indonesia (Bagian 1)

Mentri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati © www.telegraf.co.id

Wanita-wanita sukses Indonesia kini semakin mencuri perhatian dan mencuri keingintahuan publik, apa sih yang membuat wanita tersebut sukses dan setangguh apa perjuangan mereka sehingga menjadi sangat inspirasional.

Kali ini GNFI akan menjabarkan siapa saja wanita-wanita yang paling disegani di Indonesia atas prestasi dan keberhasilan di bidangnya masing-masing.

Langsung saja, ini dia deretan nama wanita tangguh Indonesia, pada bagian pertama.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti | Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA

"Tenggelamkan!" Pasti tahu dong dengan seruan kata ini. Siapa lagi kalau bukan Susi Pudjiastuti yang selalu melontarkan kata tersebut jika ada yang mengganggu teritorial laut Indonesia.

Wanita kelahiran Pangandaran ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019. Susi merupakan salah satu wanita Indonesia yang namanya paling ditakuti, apalagi bagi para pelaku illegal fishing, jangan harap ampun deh dari beliau.

Oh iya, selain itu Susi Pudjiastuti juga meraih beragam prestasi. Antara lain Leaders for a Living Planet Award dari WWF (World Wide Fund for Nature), 16 September 2016, sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan.

Lalu ada lagi seperti Srikandi Nekat Award dari Yayasan Retno Sekar Budoyo pada 25 Februari 2018, Doktor Honoris Causa bidang keilmuan manajemen dan konservasi sumberdaya kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS Surabaya), November Tahun 2017; Doktor Honoris Causa oleh Universitas Diponegoro pada 3 Desember 2016; Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011.

Susi juga pernah masuk The BBC 100 Women 2017. Keren kan?

Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani | Foto: Widodo S. Jusuf/ANTARA

Sri Mulyani yang lahir di Bandar Lampung merupakan Menteri Keuangan Indonesia periode 2005-2010.

Selain itu, beliau adalah wanita Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia di Amerika Serikat. Namun demi abdi kepada Tanah Air, Sri Mulyani, kembali ke Indonesia untuk mengurus keuangan negara. Mengharukan, bukan?

Alumnus Universitas Indonesia ini juga medapatkan penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates (UAE) 2018.

Selanjutnya, Sri Mulyani juga dinyatakan sebagai wanita paling berpengaruh di Dunia menurut Forbes dan Globe Asia. Indonesia memang patut berbangga punya Menteri seperti Sri Mulyani!

Retno Marsudi

Retno Marsudi | Foto: Puspa Perwitasari/ANTARA

Kalau tadi ada dari Lampung dan Pangandaran, sekarang ada wanita yang berasal dari Semarang. Dia adalah Retno Marsudi.

Retno merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia ke-17. Pada tahun 2017 beliau mendapatkan penghargaan sebagai agen perubahan di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan. Penghargaan tersebut diberikan oleh UN Women dan Partnership Global Forum (PGF).

Retno berhasil mengantar Indonesia duduk sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020. Tidak hanya itu saja, berkat dirinya juga Indonesia kembali menjadi anggota Dewan HAM PBB tahun 2020-2022.

Tentu, hal tersebut bukanlah pekerjaan mudah. Retno harus menjalin banyak jalinan internasional dengan negara lainnya untuk mendapatkan dukungan. Tekad dan dan kepercayaan menjadi landasan dirinya agar Indonesia menjadi representatif yang berpengaruh baik di dunia.

Membanggakan sekali Indonesia memiliki banyak figur yang membuat kita terkejut di balik sosok lembutnya wanita.

Itulah sekilas profil deretan tokoh wanita tangguh Indonesia di bagian pertama! Idola Kawan GNFI yang mana nih?

Referensi: id.wikipedia.org

Pilih BanggaBangga82%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau9%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Pelecehan Seksual dan Urgensi Pengesahan RUU PKS Sebelummnya

Pelecehan Seksual dan Urgensi Pengesahan RUU PKS

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning Selanjutnya

Bersenyawa dengan Kukila: Harmoni Hidup antara Manusia dengan Kukila di Hutan Kemuning

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

I'm curios about everything, and i'm support the indonesian good news!

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.