Inilah Tiga Desa Paling Sejuk di Indonesia

Inilah Tiga Desa Paling Sejuk di Indonesia

Terasering Desa Argapura © djphotolab

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tak salah memang jika Indonesia dikatakan sebagai surga dunia. Keasrian lingkungan dan kekayaan sumber daya alam menjadikan Tanah Air ini sebagai negeri impian.

Lanskap pemandangan yang cantik, flora dan fauna yang beraneka, serta penduduk yang ramah merupakan paket lengkap untuk mendapatkan ketentraman dan kenikmatan batin. Termasuk desa-desa yang menyajikan kesejukan untuk menentramkan hati.

Nah, desa mana aja sih yang paling sejuk di Indonesia? Ini tiga di antaranya!

Desa Argapura

Desa Argapura | Foto: wartawisata.ID

Desa Argapura terletak di Majalengka, Jawa Barat. Arga memiliki arti gunung, dan pura berartikan kota. Jadi apakah jika disambung menjadi kota yang ada di pegunungan?

Mayoritas daerah di Kecamatan Argapura merupakan kawasan pertanian dan perkebunan. Hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, boled (ubi), bawang merah dan sebagainya.

Desa ini memiliki penghuni yang tidak begitu ramai juga, hanya sekitar 565 jiwa/km persegi.

Desa Argapura mempunyai panorama pertanian atau perkebunan yang sungguh mempesona. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan Bali, bahkan Vietnam atau Thailand.

Di bagian barat, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan lembah Cilongkrang. Kemudian di bagian timur, kamu bisa melihat Gunung Cermai dengan ketinggian antara 3.078 meter di atas permukaan laut.

Namanya Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka di Desa Sukasarikaler, Jawa Barat. Panorama dari bukit Panyaweuyan benar-benar akan memuaskan dahaga dan pehobi fotografi.

Betapa tidak, pesona terasering Argapura yang merupakan warisan leluhur begitu cantik dilihat. Bukit Panyaweuyan ini juga populer dengan sebutan bukit bintangnya Majalengka.

Bahkan, lokasi bukit Panyaweuyan ini cukup dekat dengan destinasi wisata air terjun Muara Jaya.

Desa Pujon Kidul

Desa Pujon Kidul | Foto: datawisata.com

Kalau tadi ada di bagian barat, sekarang mari bergerak ke bagian timur. Tepatnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Panorama sawah dan pegunungan menjadi andalan bagi wilayah ini. Sekarang daerah Pujon Kidul juga terus diupayakan pembangunannya menjadi desa wisata.

Luas desa ini adalah 330 hektare. Tanaman masyarakat dijadikan wisata petik apel, wisata petik sayur, sehingga hasil pertanian warga juga menjadi mahal harganya. Di desa ini juga banyak yang berprofesi sebagai peternak (sapi perah).

Pemerintah daerah mengedepankan nilai tambah untuk peternak ini. Kemudian mengangkatnya serta ingin meningkatkan derajat petani dan peternak. Ketika orang kota datang ke peternak untuk memerah sapi, masyarakat desa bangga, karena anak kota belajar dengan masyarakat desa.

Desa asri ini juga menyediakan berbagai homestay dan beragam nongkrong Instagramable!

Desa Pariangan

Desa Pariangan | Foto: brilio.net

Ayo siap-siap karena kita akan menuju ke Pulau Sumatra. Iya, jika sebelumnya dua tempat tadi ada di Pulau Jawa, Desa Pariangan terletak di Tanah Datar, Sumatra Barat.

Desa ini terletak di lereng Gunung Marapi pada ketinggian 500-700 meter di atas permukaan laut. Menurut legenda, Pariangan merupakan desa tertua di ranah Minang.

Pada Mei 2012, Nagari (desa) Pariangan terpilih sebagai salah satu dari lima desa terindah di dunia versi Budget Travel, sebuah majalah pariwisata internasional. Keren banget!

Desa indah ini menawarkan suasana tenang dengan segala pesona alamnya yang memukau. Kamu bisa melihat beragam tempat tinggal tradisional yang terawat baik, sebuah masjid tua besar, dan pemandangan sawah serta sungai.

Bikin baper ya Kawan GNFI, kalau kalian sendiri mau tinggal di desa yang mana nih?


Referensi: idntimes.com | tribunnews.com | citrust.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau67%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Manfaat di Balik Permainan Congklak Sebelummnya

Manfaat di Balik Permainan Congklak

Cara Menggandakan Aplikasi pada iPhone, Bisa untuk WA, Line, Facebook, dan Instagram Selanjutnya

Cara Menggandakan Aplikasi pada iPhone, Bisa untuk WA, Line, Facebook, dan Instagram

Raka Nugraha
@rakanugraha

Raka Nugraha

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.