Beberapa Perguruan Pencak Silat di Indonesia

Beberapa Perguruan Pencak Silat di Indonesia

Pencak Silat © Pantau.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia memiliki beragam cabang olah raga yang secara resmi dinaungi dan dikembangkan, salah satunya adalah pencak silat yang baru-baru ini ditetapkan sebagai warisan budaya dunia non bendawi oleh UNESCO. Pencak silat dinaungi oleh IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia yang merupakan induk organisasi resmi cabang olah raga pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI atau Komite Olahraga Nasional Indonesia. IPSI berdiri pada 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

IPSI terdiri dari organisasi maupun perguruan di silat yang ada di seluruh Indonesia. Ada banyak perguruan silat yang menjadi anggota IPSI yang beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini :

1. Tapak Suci

Perguruan seni beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau biasa disingkat dengan Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan dan oragnisasi pencak silat yang merupakan dalam 10 anggota perguruan historis IPSI, yakni perguruan yang mendukung tumbuh kembangnya IPSI sebagai sebuah organisasi. Tapak Suci merupakan salah satu badan otonom di bawah naungan organisasi Islam Muhammadiyah yang berdiri pada 10 Rabiul Awal 1383 Hijriyah atau tepat pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta.

Tapak Suci | Foto : tapaksuci.id

2. Persatuan Pencak Silat Indonesia

Persatuan Pencak Silat Indonesia atau disingkat PPSI didirikan pada tanggal 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, dengan diketuai oleh Kolonel R.A. Kosasih, Panglima Tentara dan Teritorium III Siliwangi, dibantu dengan Kolonel Hidayat dan Kolonel Harun. Salah satu tujuan pembetukan PPSI adalah menggalang kekuatan jajaran pencak silat untuk pagar betis dalam menghadapi pemberontakan DI/TII yang berkembang di wilayah Jawa Barat, Lampung, Jakarta, dan lainnya.

3. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Mulanya, Persaudaraan Setia Hati Terarte beranama Setia Hati Pencak Sport Club (SH PSC) yang didirikan pada tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo, murid Ki Ngabehi Soerodiwirjo yang merupakan pencipta dari Pencak Setia Hati. Namun, pada tahun 1942, SH PSC ini berganti nama menjadi SH Terate yang selama 6 tahun yakni pada tahun 1948 SH Terate sudah menyebar dan berkembang ke seluruh penjuru Indonesia. Saat itu, SH Terate sudah berdiri dan berstatus sebagai perguruan pencak silat, akhirnya nama SH Terate berubah nama menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate yang diketuai oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo.

PSHT | Foto : YouTube

4. Perguruan Pencak Indonesia Harimurti

Perguruan Pencak Indonesia Harimurti atau biasa disingkat dengan PERPI Harimurti adalah sebuah perguruan pencak yang didirikan oleh Suko Winadi pada 23 Oktober 1932 di Yogyakarta. Ilmu pencak PERPI Harimurti didasarkan pada Raden Mas Harimurti yang merupakan cucu dari dari Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang dipelajari langsung oleh Suko Winadi.

Masih banyak perguruan silat di Indonesia yang tergabung di dalam IPSI. Keempat perguruan di atas adalah salah satu dari 10 perguruan historis yang turut membantu dalam berdiri dan berkembangnya organisasi IPSI. Berdasarkan laman resmi IPSI, tercatat sejak tahun 1993 ada sekitar 840 perguruan pencak silat yang menjadi anggota IPSI. Tentunya, jumlah tersebut terus bertambah seiring waktu berjalan dan seiring diakuinya pencak silat sebagai cabang olah raga bela diri yang dilombakan di berbagai kompetisi baik lokal hingga internasional.


Catatan kaki: IPSI

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi38%
Pilih TerpukauTerpukau10%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Perbedaan Tradisi Pencak Silat Indonesia dan Silat Malaysia Yang Sama-Sama Menjadi Warisan Budaya Dunia Sebelummnya

Perbedaan Tradisi Pencak Silat Indonesia dan Silat Malaysia Yang Sama-Sama Menjadi Warisan Budaya Dunia

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.