Beberapa Perguruan Pencak Silat di Indonesia

Beberapa Perguruan Pencak Silat di Indonesia
info gambar utama

Indonesia memiliki beragam cabang olah raga yang secara resmi dinaungi dan dikembangkan, salah satunya adalah pencak silat yang baru-baru ini ditetapkan sebagai warisan budaya dunia non bendawi oleh UNESCO. Pencak silat dinaungi oleh IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia yang merupakan induk organisasi resmi cabang olah raga pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI atau Komite Olahraga Nasional Indonesia. IPSI berdiri pada 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

IPSI terdiri dari organisasi maupun perguruan di silat yang ada di seluruh Indonesia. Ada banyak perguruan silat yang menjadi anggota IPSI yang beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini :

1. Tapak Suci

Perguruan seni beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau biasa disingkat dengan Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan dan oragnisasi pencak silat yang merupakan dalam 10 anggota perguruan historis IPSI, yakni perguruan yang mendukung tumbuh kembangnya IPSI sebagai sebuah organisasi. Tapak Suci merupakan salah satu badan otonom di bawah naungan organisasi Islam Muhammadiyah yang berdiri pada 10 Rabiul Awal 1383 Hijriyah atau tepat pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta.

Tapak Suci | Foto : tapaksuci.id
info gambar

2. Persatuan Pencak Silat Indonesia

Persatuan Pencak Silat Indonesia atau disingkat PPSI didirikan pada tanggal 17 Agustus 1957 di Bandung, Jawa Barat, dengan diketuai oleh Kolonel R.A. Kosasih, Panglima Tentara dan Teritorium III Siliwangi, dibantu dengan Kolonel Hidayat dan Kolonel Harun. Salah satu tujuan pembetukan PPSI adalah menggalang kekuatan jajaran pencak silat untuk pagar betis dalam menghadapi pemberontakan DI/TII yang berkembang di wilayah Jawa Barat, Lampung, Jakarta, dan lainnya.

3. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

Mulanya, Persaudaraan Setia Hati Terarte beranama Setia Hati Pencak Sport Club (SH PSC) yang didirikan pada tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo, murid Ki Ngabehi Soerodiwirjo yang merupakan pencipta dari Pencak Setia Hati. Namun, pada tahun 1942, SH PSC ini berganti nama menjadi SH Terate yang selama 6 tahun yakni pada tahun 1948 SH Terate sudah menyebar dan berkembang ke seluruh penjuru Indonesia. Saat itu, SH Terate sudah berdiri dan berstatus sebagai perguruan pencak silat, akhirnya nama SH Terate berubah nama menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate yang diketuai oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo.

PSHT | Foto : YouTube
info gambar

4. Perguruan Pencak Indonesia Harimurti

Perguruan Pencak Indonesia Harimurti atau biasa disingkat dengan PERPI Harimurti adalah sebuah perguruan pencak yang didirikan oleh Suko Winadi pada 23 Oktober 1932 di Yogyakarta. Ilmu pencak PERPI Harimurti didasarkan pada Raden Mas Harimurti yang merupakan cucu dari dari Sri Sultan Hamengkubuwono VII yang dipelajari langsung oleh Suko Winadi.

Masih banyak perguruan silat di Indonesia yang tergabung di dalam IPSI. Keempat perguruan di atas adalah salah satu dari 10 perguruan historis yang turut membantu dalam berdiri dan berkembangnya organisasi IPSI. Berdasarkan laman resmi IPSI, tercatat sejak tahun 1993 ada sekitar 840 perguruan pencak silat yang menjadi anggota IPSI. Tentunya, jumlah tersebut terus bertambah seiring waktu berjalan dan seiring diakuinya pencak silat sebagai cabang olah raga bela diri yang dilombakan di berbagai kompetisi baik lokal hingga internasional.


Catatan kaki: IPSI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini