Perbedaan Gado-Gado, Lotek, Karedok dan Ketoprak. Sudah Tahu?

Perbedaan Gado-Gado, Lotek, Karedok dan Ketoprak. Sudah Tahu?

Sama-sama berbumbu kacang, namu Gado-gado, Lotek, Karedok dan Ketoprak memiliki perbedaan © IDN Times

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia tidak haya kaya akan keanekaragaman adat, budaya hingga kekayaan alamnya, namun juga kaya akan aneka ragam kulinernya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Namun, ada daerah yang memiliki makanan khas mirip dengan makanan khas dari daerah lainnya, salah satunya adalah makanan yang ditaburi bumbu kacang. Makanan-makanan tersebut yakni gado-gado, lotek, ketoprak dan karedok. Nah, mulai bingung, kan?

Mungkin Kawan GNFI pernah mencicipi salah satu dari beragam makanan yang identik dengan bumbu kacang tersebut. Namun, apakah makanan-makanan tersebut adalah makanan yang sama namun memiliki nama yang berbeda? Adakah perbedaan pada keempat makanan tersebut? Berikut di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang gado-gado, lotek, ketoprak, karedok dan pecel dan beberapa hal yang membedakan di antara keempatnya.

  1. Gado-gado
Gado-gado | Foto : Wikipedia

Gado-gado merupakan makanan yang dapat dijumpai di berbagai tempat, namun gado-gado banyak dikatakan sebagai makanan khas dari Betawi atau DKI Jakarta. Gado-gado berisi sayuran yang sudah direbus dan dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang. Sayuran-sayuran isi dari dari gado-gado adalah sayuran hijau seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, tauge, kentang yang kesemuanya direbus. Selain itu, gado-gado juga berisi sayuran mentah atau tanpa direbus yakni mentimun dan tahu tempe yang digoreng. Terkadang, gado-gado juga diberi tambahan telur rebus yang dipotong.

Semua bahan tersebut dicampur dan diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan dengan dicampur bawang putih, cabai, merica, air perasaan jeruk nipis, garam dan gula merah. Gado-gado dapat disajikan dengan lontong atau ketupat sebagai pengganjal rasa lapar di perut.

  1. Lotek (Lothek)
Lothek | Foto : Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi

Memiliki visual yang mirip dengan gado-gado, namun lotek adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat. Hal yang membedakan antara lotek dengan gado-gado adalah bumbu kacang dari lotek biasanya diberi tambahan berupa tempe, terasi dan kencur sehingga bumbu kacangnya memiliki rasa kencur, selain itu bumbu lotek terasa lebih manis dari gado-gado. Sayuran yang digunakan untuk membuat lotek adalah bayam, kol dan tauge yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang. Sama halnya dengan gado-gado, lotek juga dapat disajikan dengan lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi.

  1. Karedok
Karedok | Foto : Kuliner Indonesia

Karedok berasal dari daerah yang sama dengan lotek, yakni daerah Jawa Barat. Berbeda dengan gado dan lotek yang berisi rebusan sayuran, karedok berisi sayuran mentah seperti mentimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong yang dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang. Bumbu kacang untuk karedok dibuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan, cabai merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, garam dan terasi yang ditumbuk hingga halus yang setelahnya diencerkan dengan air. Karedok juga sering disebut sebagai salad dari Indonesia

  1. Ketoprak
Ketroprak | Foto : Menulis Itu Sejarah

Ketoprak adalah kawan dari gado-gado yakni makanan yang berasal dari daerah Betawi atau DKI Jakarta. Bahan utama ketoprak adalah bihun, tauge, mentimun, tahu dan ketupat, sering juga ditambah dengan rebusan telur yang dicampur dan disiram dengan bumbu kacang, kecap manis dan bawang goreng. Bahan yang digunakan untuk membuat bumbu kacang adalah kacang tanah yang sudah digoreng dan digiling, bawang putih dan cabai kemudian diencerkan menggunakan air. Ketoprak juga disajikan lengkap dengan kerupuk atau emping melinjo.

Makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas merupakan makanan yang identik dengan bumbu kacangnya, bahkan ada sebutan untuk gado-gado, lotek dan karedok yakni Indonesian Salad. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahannya yang terbuat dari sayuran yang biasanya ditemukan pada salad sayur. Hal yang membedakan adalah salad dari Indonesia tidak menggunakan minyak zaitun, namun menggunakan bumbu kacang. Nah, kira-kira, apakah Kawan GNFI sudah dapat membedakan dari keempat makanan tersebut yakni gado-gado, lotek, karedok dan ketoprak?


Catatan kaki: bobo | wikipedia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang38%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Calon Arang, Pertunjukan Mencekam nan Tegang! Sebelummnya

Calon Arang, Pertunjukan Mencekam nan Tegang!

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan Selanjutnya

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

2 Komentar

  • Borna

    Beda karedok sama lotek itu bukan sekedar sayuran mentah, kalau karedok itu pakai oncom dengan bumbu kacangnya. Orang jawa merantau ke Sunda salah kaprah nganggap lotek mentah itu karedok.

  • Mohamad Ichwan

    Hmm....mungkin perlu ditambahkan pecel, rujak cingur, apa lagi yaa

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.