Perbedaan Gado-Gado, Lotek, Karedok dan Ketoprak. Sudah Tahu?

Perbedaan Gado-Gado, Lotek, Karedok dan Ketoprak. Sudah Tahu?
info gambar utama

Indonesia tidak haya kaya akan keanekaragaman adat, budaya hingga kekayaan alamnya, namun juga kaya akan aneka ragam kulinernya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Namun, ada daerah yang memiliki makanan khas mirip dengan makanan khas dari daerah lainnya, salah satunya adalah makanan yang ditaburi bumbu kacang. Makanan-makanan tersebut yakni gado-gado, lotek, ketoprak dan karedok. Nah, mulai bingung, kan?

Mungkin Kawan GNFI pernah mencicipi salah satu dari beragam makanan yang identik dengan bumbu kacang tersebut. Namun, apakah makanan-makanan tersebut adalah makanan yang sama namun memiliki nama yang berbeda? Adakah perbedaan pada keempat makanan tersebut? Berikut di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang gado-gado, lotek, ketoprak, karedok dan pecel dan beberapa hal yang membedakan di antara keempatnya.

  1. Gado-gado
Gado-gado | Foto : Wikipedia
info gambar

Gado-gado merupakan makanan yang dapat dijumpai di berbagai tempat, namun gado-gado banyak dikatakan sebagai makanan khas dari Betawi atau DKI Jakarta. Gado-gado berisi sayuran yang sudah direbus dan dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang. Sayuran-sayuran isi dari dari gado-gado adalah sayuran hijau seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, tauge, kentang yang kesemuanya direbus. Selain itu, gado-gado juga berisi sayuran mentah atau tanpa direbus yakni mentimun dan tahu tempe yang digoreng. Terkadang, gado-gado juga diberi tambahan telur rebus yang dipotong.

Semua bahan tersebut dicampur dan diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan dengan dicampur bawang putih, cabai, merica, air perasaan jeruk nipis, garam dan gula merah. Gado-gado dapat disajikan dengan lontong atau ketupat sebagai pengganjal rasa lapar di perut.

  1. Lotek (Lothek)
Lothek | Foto : Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi
info gambar

Memiliki visual yang mirip dengan gado-gado, namun lotek adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat. Hal yang membedakan antara lotek dengan gado-gado adalah bumbu kacang dari lotek biasanya diberi tambahan berupa tempe, terasi dan kencur sehingga bumbu kacangnya memiliki rasa kencur, selain itu bumbu lotek terasa lebih manis dari gado-gado. Sayuran yang digunakan untuk membuat lotek adalah bayam, kol dan tauge yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang. Sama halnya dengan gado-gado, lotek juga dapat disajikan dengan lontong atau ketupat sebagai pengganti nasi.

  1. Karedok
Karedok | Foto : Kuliner Indonesia
info gambar

Karedok berasal dari daerah yang sama dengan lotek, yakni daerah Jawa Barat. Berbeda dengan gado dan lotek yang berisi rebusan sayuran, karedok berisi sayuran mentah seperti mentimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong yang dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang. Bumbu kacang untuk karedok dibuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan, cabai merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, garam dan terasi yang ditumbuk hingga halus yang setelahnya diencerkan dengan air. Karedok juga sering disebut sebagai salad dari Indonesia

  1. Ketoprak
Ketroprak | Foto : Menulis Itu Sejarah
info gambar

Ketoprak adalah kawan dari gado-gado yakni makanan yang berasal dari daerah Betawi atau DKI Jakarta. Bahan utama ketoprak adalah bihun, tauge, mentimun, tahu dan ketupat, sering juga ditambah dengan rebusan telur yang dicampur dan disiram dengan bumbu kacang, kecap manis dan bawang goreng. Bahan yang digunakan untuk membuat bumbu kacang adalah kacang tanah yang sudah digoreng dan digiling, bawang putih dan cabai kemudian diencerkan menggunakan air. Ketoprak juga disajikan lengkap dengan kerupuk atau emping melinjo.

Makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas merupakan makanan yang identik dengan bumbu kacangnya, bahkan ada sebutan untuk gado-gado, lotek dan karedok yakni IndonesianSalad. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahannya yang terbuat dari sayuran yang biasanya ditemukan pada salad sayur. Hal yang membedakan adalah salad dari Indonesia tidak menggunakan minyak zaitun, namun menggunakan bumbu kacang. Nah, kira-kira, apakah Kawan GNFI sudah dapat membedakan dari keempat makanan tersebut yakni gado-gado, lotek, karedok dan ketoprak?


Catatan kaki: bobo | wikipedia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini