Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe, Serupa Namun Tak Sama

Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe, Serupa Namun Tak Sama
info gambar utama

Siapa yang tidak tahu Tari Saman? Tarian yang selalu nampak memukau para penglihatnya adalah salah satu tarian khas dari provinsi ujung barat Indonesia, Nangroe Aceh Darussalam. Namun, siapa sangka jika ternyata Tari Saman memiliki “kembaran” yakni Tari Ratoh Jaroe. Mengapa disebut sebagai kembaran? Karena kedua tarian ini kerap kali disebut sama padahal sebenarnya kedua tarian ini adalah tarian yang berbeda. Nah, kira-kira apa sih perbedaannya.

Tari Saman | Foto : Travelingyuk.com
info gambar

Perbedaan

Tari Saman

Tari Ratoh Jaroe

Asal

Tari Saman berasal dari Suku Gayo yang wilayahnya di sekitar provinsi Aceh bagian tengah.

Tari Ratoh Jaroe merupakan tari kreasi karya seniman Aceh yang bernama Yusri Saleh pada tahun 2000-an.

Bahasa

Syair dalam Tari Saman menggunakan bahasa Gayo.

Syair yang dilantunkan dalam Tari Ratoh Jaroe menggunakan bahasa Aceh.

Makna

Tari Saman mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakkan dan kebersamaan.

Tari Ratoh Jaroe adalah interpretasi dari semangat perempuan Aceh yang dikenal tangguh, kuat dan memiliki tekad berani yang sudah dikenal sejak masa yang lampau.

Alat musik

Tari Saman tidak menggunakan alat musik sebagai pengiring tarian, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepukan tangan mereka yang menjadi pelengkap Tari Saman.

Tari Ratoh Jaroe diiringi dengan alat musik bernama Rapai yakni alat musik yang bentuknya mirip rebana dan dimainkan dengan cara ditabuh.

Tari Ratoh Jaroe | Foto : AJNN
info gambar

Penari

Umumnya, Tari Saman dimainkan oleh penari laki-laki dengan jumlah ganjil.

Pada dasarnya penari Ratoh Jaroe adalah perempuan dengan jumlah genap.

Kostum

Kostum penari Saman adalah baju kantong bermotif Kerawang dengan warna dasar hitam, dengan motif berwarna merah, putih, kuning dan hijau.

Kostum penari Ratoh Jaroe adalah polos yang kebanyakan berwarna merah, kuning dan hijau dengan kombinasi tenun khas Aceh untuk menghiasi bagian depan kostum. Songket khas Aceh dikenakan oleh para penari Tari Ratoh Jaroe yang dipasangkan dengan kostum yang berwarna cerah.

Pengakuan Dunia

Tari Saman sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia non bendawi pada tahun 2011.

Tari Ratoh Jaroe menjadi bagian dari pembukaan Asian Games 2018 di Indonesia.

Meskipun masih banyak perbedaan lain antara Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe, namun sedikit gambaran di atas mungkin dapat menambah pengetahuan Kawan GNFI bahwa Tari Saman dan Tari Ratoh Jaroe adalah dua tarian yang berbeda. Nah, di antara dua tarian tersebut, kira-kira, mana yang lebih Kawan GNFI senang untuk dipelajari?


Catatan kaki: wikipedia | gnfi

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini