Inilah 5 Tokoh yang Paling Dicari di Google Indonesia 2019

Inilah 5 Tokoh yang Paling Dicari di Google Indonesia 2019
info gambar utama

Menjelang akhir tahun 2019, perlu Kawan GNFI ketahui bahwa Google Indonesia telah merilis data Year in Search 2019.

Data ini menyajikan informasi dan perspektif tentang momen dan tren tahun 2019 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Data Year in Search 2019 Google Indonesia memberikan banyak data yang di antaranya adalah film, lagu, peristiwa nasional, hingga nama-nama tokoh.

Setidaknya ada 10 nama teratas yang masuk dalam daftar pencarian populer Google Indonesia selama tahun 2019.

Nadiem Makarim, BTS, Edhy Prabowo, Blackpink, serta Wishnutama adalah lima tokoh terpopuler di Google Trend 2019.

Selain itu, ada pula Thareq Kemal Habibie, Reino Barrack, Syahrini, Sandiaga Uno, dan Wiranto yang berada di urutan 6 hingga 10.

google trends
info gambar

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim menduduki peringkat pertama sebagai sosok yang paling dicari selama 2019. Pencarian paling banyak berkaitan dengan jabatan barunya yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menggantikan Muhadjir Effendy.

Sebelumnya Nadiem merupakan CEO dan pendiri Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Keberhasilan mengembangkan Gojek, membuat pria berusia 35 tahun tersebut mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi.

Tahun 2019 ini, Nadiem menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis.

Penghargaan tersebut diberikan kepada individu atau organisasi yang berkontribusi bagi pengembangan kawasan Asia dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Asia.

Pada Oktober 2019, Nadiem secara resmi menyatakan bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai CEO Gojek setelah pagi harinya dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. untuk ditugaskan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sebagai menteri, Nadiem membuat sebuah kebijakan besar yang dinamakan "Merdeka Belajar", salah satunya adalah mengganti sistem Ujian Nasional menjadi asesmen literasi dan numerasi di tengah jenjang pembelajaran.

kemendikbud
info gambar

BTS

Tahun 2019 sepertinya menjadi puncak kesuksesan karier grup musik asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan atau yang biasa disebut BTS.

Grup ini menduduki posisi kedua di Google Trends lewat lagu dan video musik comeback, Boy with Luv bersama penyanyi Amerika Serikat, Halsey.

Selain itu, pada bulan April 2019, BTS juga meluncurkan album baru bertajuk Map of the Soul: Persona

Album ini menuai banyak prestasi dan mencetak sejumlah rekor. Penghargaan terbaru yang didapatkan ialah Sertifikat Gold dari Recording Industry Association of America (RIAA).

Sertifikat ini merupakan sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada para musisi dunia yang telah berhasil meraih total penjualan minimal 500.000 unit atau 0,5 juta unit atas lagu atau album terbaru mereka.

Berdasarkan soompi BTS menjadi artis Korea pertama yang berhasil meraih Sertifikat Gold oleh RIAA.

bts
info gambar

Edhy Prabowo

Edhy Prabowo menjadi tokoh populer di Google setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Susi Pudjiastuti.

Sebelumnya, Edhy pernah menjabat Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Belakangan ini, Edhy Prabowo membuat kebijakan baru mengenai ekspor benih lobster. Kebijakan ini agak berseberangan dengan Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti.

Edhy ingin membuka peluang bagi pelaku usaha untuk mengekspor benih lobster yang sebelumnya dilarang oleh Susi sejak 2016 silam. Keputusan itu bukan tanpa pertimbangan. Edhy beralasan ada permintaan yang tinggi dari Vietnam terhadap benih lobster.

Dulu, sekitar 80 persen kebutuhan benih lobster Vietnam berasal dari Indonesia, namun saat ini justru dipenuhi oleh Singapura. Dalam wacananya, pelaku usaha baru bisa mengekspor jika sebagian benih lobster yang ditangkap, dibesarkan di dalam negeri.

Artinya hanya 50 persen benih lobster yang ditangkap yang boleh diekspor. Sampai saat ini kebijakan tersebut masih melalui banyak proses pertimbangan.

menteri kelautan
info gambar

BLACKPINK

Satu lagi grup vokal asal Korea Selatan yang masuk dalam daftar pencarian paling populer di Google Indoensia.

Girl Group yang bernama BLACKPINK ini memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 dengan lagu Boombayah dan Whistle. Salah satu topik perbincangan soal BLACKPINK adalah mengenai comeback mereka lewat lagu dan album Kill This Love.

Hingga Desember 2019, BLACKPINK telah mengeluarkan empat mini album. Lagu yang cukup populer di antaranya Don't Know What To Do, Kick It, Hope Not, dan DDU DU DDU DU.

Sementara album Kill This Love berhasil melampaui jumlah penayangan idol milik BTS dalam 24 jam usai dirilis.

Atas pencapaian ini, Kill This Love menjadi MV K-pop dengan jumlah penayangan terbanyak dalam 24 jam setelah diunggah ke YouTube.

blackpink
info gambar

Wishnutama

Wishnutama menjadi menteri ketiga yang masuk dalam tokoh di Google Trend Indonesia tahun 2019, menyusul Nadiem Makarim dan Edhy Prabowo. Beliau ditugaskan untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelumnya, nama Wishnutama sebenarnya sudah cukup populer terutama di kalangan media. Wishnutama merupakan salah satu pendiri PT Net Mediatama Telivisi (Net TV).

Di perusahaan ini, Wishnutama pernah menjabat sebagai Direktur Utama dan Komisaris Utama. Namanya juga semakin melambung setelah dipercaya menjadi Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018.

kemenpar
info gambar

Referensi: tirto.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini