Jam Berapa Ratangga Bangun dan Tidur?

Jam Berapa Ratangga Bangun dan Tidur?
info gambar utama
  • MRT Jakarta melayani penumpang sampai pukul 24.00.
  • Keberangkatan pertama menuju Jakarta Pusat tersedia dari Lebak Bulus Grab dan Blok M BCA.
  • Sebaliknya, pemberangkatan pertama menuju Jakarta Selatan dimulai dari Bundaran HI.

Tahun 2019 mencatat sejarah tersendiri bagi Jakarta, karena inilah tahun perdana MRT pertama di Indonesia beroperasi. Kereta komuter cepat yang bernama Ratangga ini memulai jam kerjanya sejak pagi buta, dan mengakhiri jam operasionalnya kala langit gelap gulita.

Keberangkatan pertama Ratangga dari stasiun Lebak Bulus Grab adalah pukul 05.00 WIB. Dengan demikian, maka keberangkatan pertama di stasiun-stasiun berikutnya mengikuti waktu tiba kereta pertama menuju Jakarta Pusat ini.

Secara berturut-turut, keberangkatan pertama di stasiun berikutnya adalah Fatmawati (05.03), Cipete Raya (05.06), Haji Nawi (05.08), dan Blok A (05.10). Namun tidak semua Ratangga ke arah stasiun Bundaran HI keberangkatan awalnya dari Lebak Bulus Grab.

Ada pula Ratangga yang bertolak dari stasiun Blok M BCA pukul 05.00. Ke stasiun-stasiun berikutnya yakni ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi Astra, dan Dukuh Atas BNI, masing-masing hanya berjarak dua menit.

Kemudian untuk Ratangga pertama yang berangkat dari stasiun Bundaran HI ke arah Jakarta Selatan, dimulai pukul 05.06. Tapi berbeda dengan keberangkatan menuju Jakarta Pusat, Ratangga yang mengarah ke selatan di jam pertama keberangkatan hanya ada dari Bundaran HI, dengan jarak waktu antarstasiun hanya 2-3 menit saja.

Lalu untuk jam pemberangkatan terakhir dari stasiun Lebak Bulus Grab menuju Bundaran HI, adalah di jam 23.12. Jadwal keberangkatan di stasiun-stasiun berikutnya juga mengikuti waktu tiba Ratangga terakhir ini, dengan jarak waktu cuma 2-3 menit.

Nah untuk pemberangkatan terakhir dari Bundaran HI ke arah Lebak Bulus Grab, tersedia lebih malam yakni pukul 23.31. Dengan begitu, diperkirakan Ratangga terakhir dari Jakarta Pusat ini akan tiba di Lebak Bulus Grab pukul 24.00.

Untuk lebih detilnya, Kawan GNFI bisa melihat jadwalnya di bawah ini.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini