6 Stadion Ditetapkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

6 Stadion Ditetapkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021
info gambar utama
  • Piala Dunia U-20 2021 bakal digelar di enam stadion.
  • Stadion-stadion itu terletak di Jawa dan Bali.
  • Turnamen usia junior ini diadakan pada 24 Mei sampai 12 Juni 2021.

Enam stadion telah ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dalam risalah rapat Piala Dunia U-20 2021 di Jakarta, Kamis (23/1) kemarin, nama-nama stadion tersebut diumumkan.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Untuk kapasitasnya, SUGBK adalah yang terbesar dengan 77 ribu penonton, disusul Stadion Gelora Bung Tomo (50 ribu penonton).

Kemudian Stadion Pakansari berkapasitas 30 ribu orang, Stadion Manahan yang baru saja direnovasi memiliki 20 ribu kursi, Stadion Mandala Krida yang juga baru selesai dibenahi berkapasitas 22 ribu orang, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta yang bisa disaksikan langsung oleh 24.931 pasang mata di tribun.

Stadion-stadion itu dinilai sudah memenuhi persyaratan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021, yang bakal diadakan tanggal 24 Mei - 12 Juni 2021. Namun demikian, masih ada aspek-aspek lain yang perlu dipenuhi, agar turnamen bisa berjalan maksimal.

FIFA mengharuskan total harus ada 30 lapangan latihan, yang tiap stadionnya memiliki lima. Kemudian di stadion utama dan lapangan pendukung harus disediakan ruang untuk Video Assistant Referee (VAR). Untuk peralatan VAR sendiri disuplai oleh FIFA.

Syarat lainnya yang kudu dipenuhi adalah jumlah penonton. FIFA menekankan, seluruh pertandingan harus disaksikan sebanyak 10 ribu sampai 20 ribu orang di stadion, termasuk babak penyisihan grup.

Inspeksi untuk melihat kesiapan tuan rumah akan dilakukan FIFA pada Maret 2020. Aspek yang dinilai adalah infrastruktur dan kelengkapan stadion.

"Oleh sebab itu diharapkan sudah ada perkembangan dari proses renovasi,” ujar Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dikutip dari Liputan6.com.

Referensi: Liputan6.com | sport.detik.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini