Jurassic Park Akan Dibangun di Labuan Bajo

Jurassic Park Akan Dibangun di Labuan Bajo
info gambar utama

Labuan Bajo merupakan salah satu tempat yang menjadi Kawasan Stategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus bekerja meningkatkan infrastruktur dan mengembangkan kawasan Labuan Bajo, salah satunya adalah dengan penataan secara signifikan di Pulau Rinca yang berada di Kabupaten Manggarai Barat. Konsep yang akan dibangun di Pulau Rinca adalah dengan pendekatan geopark yang berkelanjutan yang pembangunannya mirip dengan tema Jurassic Park.

Penataan yang akan dilakukan di Pulau Rinca tersebut nantinya adalah dibangunnya pusat informasi, pusat sovenir, kafe, toilet publik, kantor pengelola kawasan, spot foto, klinik, gudang, ruang terbuka publik, penginapan untuk penelitian dan pemandu wisata atau yang biasa disebut ranger. Selain itu, jalan yang digunakan untuk pejalan kaki sepanjang 1,5 km dan shelter pengunjung akan dibangun dengan konsep melayang atau elevated agar tidak menggangu aktifitas komodo. Penataan dan pembangunan fasilitas tersebut didukung dengan dibangunnya Dermaga Loh Buaya dilengkapi dengan sarana dan prasarana pengaman pantai.

Desain tracking untuk pejalan kaki yang memiliki konsep elevated. | Foto : viva.news
info gambar

Keunikkan lainnya dari penataan yang berkonsep menyerupai Jurassic Park ini nantinya adalah Dermaga Loh Buaya yang luasnya 400 meter persegi tersebut akan dibangun dengan bentuk lidah komodo dan rumah-rumah yang ada di sekitarnya akan dibangun dengan konsep rumah adat Manggarai. Arsitek perancang konsep yang mirip Jurassic Park di Labuan Bajo adalah Yori Antar Anwar yang dalam pengerjaannya berpegang teguh pada penataan dan pengembangan kawasan Pulau Rinca yang tidak boleh mengganggu habitat komodo.

Proyek ini nantinya akan dimulai pada Februari 2020 dan ditargetkan akan selesai pada Desember 2020 yang dikomandoi oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.


Catatan kaki: viva | kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini