Mengenal Gunung yang Menjadi Inspirasi Nama Kereta

Mengenal Gunung yang Menjadi Inspirasi Nama Kereta
info gambar utama

Mengulas kembali tentang kereta api di Indonesia, sebelumnya Kawan GNFI telah disuguhkan informasi mengenai nama-nama kereta api yang diadaptasi dari nama hewan dan gabungan dari beberapa nama kota. Nah, sekarang akan diulas secara singkat mengenai nama-nama kereta api yang berasal dari nama gunung yang berada di Indonesia. Ada banyak gunung yang digunakan sebagai nama kereta api produksi PT INKA Indonesia, namun kali ini akan disebutkan 4 kereta api dengan gunung yang menjadi inspirasi dalam pemilihan namanya.

  1. Kereta Api Ciremai

Gunung Ceremai/Ciremai | Foto : Galamedianews
info gambar

Kereta Api Ciremai adalah kereta api yang melayani perjalanan dari Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Bandung pulang – pergi. Kata Ciremai merupakan nama dari sebuah gunung di provinsi Jawa Barat yakni Gunung Ciremai. Gunung Ciremai merupakan gunung api yang berada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Ketinggian Gunung Ciremai membuatnya menjadi gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat.

  1. Kereta Api Argo Wilis
Gunung Wilis | Foto : Desa Ngliman
info gambar

Bagi Kawan GNFI yang berdomisili di sekitar Jawa Timur tentunya tidak asing mendengar kata Wilis. Ya, Wilis adalah sebuah nama gunung yang berada di provinsi Jawa Timur yang secara administratif berada di enam kabupaten yakni Kabupaten Madiun, Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo dan Trenggalek. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi yang sedang istirahat. Kereta Api Argo Wilis sendiri merupakan kereta yang melayani perjalanan dari Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Jakarta Gambir pulang – pergi.

  1. Kereta Api Argo Lawu
Gununug Lawu sangat erat dengan mitos-mitos yang berbau mistis | Foto : GenPI.co
info gambar

Kereta Api Argo Lawu mengadaptasi nama gunung yang berada di dua provinsi yakni Gunung Lawu yang secara administratif masuk dalam kawasan Kabupaten Ngawi dan Magetan di Jawa Timur serta Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Gunung Lawu memiliki pesona alam yang memukau wisatawan, terutama alam yang terletak di lereng gunung yakni Telaga Sarangan dan Air Terjun Tawangmangu. Kereta Api Argo Lawu sendiri melayani perjalanan dari Stasiun Solo Balapan – Stasiun Jakarta Gambir pulang – pergi.

  1. Kereta Api Argo Muria
Gunung Muria juga menjadi tempat beradanya makam Sunan Muria | Foto : hipwee.com
info gambar

Gunung Muria merupakan salah satu gunung yang terdapat di provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Kudus. Gunung Muria erat kaitannya dengan salah satu sosok Walisongo yakni Sunan Muria yang menyebarkan Islam di Jawa. Sementara itu, Kereta Api Argo Muria melayani perjalanan dari Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Jakarta Gambir pulang – pergi.

Nah, empat nama kereta di atas merupakan beberapa contoh nama kereta yang mengadaptasi dari nama gunung yang ada di Indonesia khususnya pulau Jawa. Ada beberapa nama kereta lainnya yang juga mengadaptasi nama gunung seperti Kerta Api Argo Sindoro dan Kereta Api Anjasmoro. Dari beberapa nama kereta yang telah disebutkan di atas, kira-kira mana kereta andalah yang biasa Kawan GNFI gunakan?


Catatan kaki: wikipedia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini