Gula Jawa dan Gula Aren, Si Manis yang Ternyata Berbeda

Gula Jawa dan Gula Aren, Si Manis yang Ternyata Berbeda
info gambar utama

Gula yang berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan merupakan salah satu bahan yang harus ada di dapur. Bagaimana Kawan GNFI menyebut gula tersebut? Apakah Kawan GNFI menyebutnya dengan nama gula jawa? Atau, adakah Kawan GNFI yang menyebutnya dengan nama gula aren? Ternyata, gula jawa dan gula aren itu berbeda, lho, Kawan GNFI. Nah, kira-kira apa sih perbedaan antara dua gula tersebut?

Beberapa gula jawa dicetak dengan bentuk silinder kecil, sementara beberapa lainnya dicetak dengan bantuan batok kelapa | Foto : hellosehat.com
info gambar

Perbedaan

Gula Jawa

Gula Aren

Bahan dasar

Gula jawa terbuat dari nira pohon kelapa

Gula aren terbuat dari nira pohon aren atau enau

Warna

Gula jawa berwarna lebih kemerahan sehingga sering disebutk gula merah dan beberapa berwarna coklat muda

Gula aren berwarna coklat pekat dan lebih gelap dari gula jawa

Tekstur

Gula jawa memiliki tekstur padat

Gula aren memiliki tekstur yang lebih mudah dihancurkan dan terdapat butiran-butiran kecil yang menyerupai kristal

Penggunaan

Gula jawa lebih sering digunakan dalam bahan makanan seperti klepon dan bumbu rujak

Gula aren lebih sering digunakan pada campuran minuman seperti es cendol, es cincau dan wedang ronde

.

Gula aren biasanya dipasarkan dengan bungkus daun | Foto : biodiversitywarriors.org
info gambar

Nah, tabel di atas adalah gambaran singkat dari perbedaan antara gula jawa dan gula aren. Di lain sisi, kedua gula tersebut memiliki persamaan, lho. Persamaannya antara lain adalah cara pembuatan dari gula jawa dan gula aren. Secara umum proses pengolahan dari nira menjadi gula tersebut sama, yakni nira dari kedua pohon tersebut disadap dari pohonnya selanjutnya dimasak dalam wajan besar dan api yang cukup besar. Setelah keluar gelembung dan meletup-letup, cairan diaduk hingga benar-benar mengental. Kemudian, cairan gula tersebut dituangkan ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga dingin. Selain itu, rasa dari kedua gula tersebut juga tergolong mirip, hanya saja yang membedakan adalah aromanya. Aroma gula aren lebih kuat dari pada aroma gula jawa. Oleh sebab itu, gula jawa lebih sering digunakan dalam bahan makanan karena tidak merusak aroma cita rasa makanan yang sebenarnya.

Kira-kira, itulah perbedaan dan sedikit persamaan antara Si Coklat Manis yang selalu ada di dapur. Mana yang lebih sering Kawan GNFI gunakan? Gula aren atau gula jawa?


Catatan kaki: hipwee | fimela | resepkoki

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini