Menyusuri Pura Jagatkarta, Pura Terbesar Di Pulau Jawa

Menyusuri Pura Jagatkarta, Pura Terbesar Di Pulau Jawa
info gambar utama

Pura sejatinya tempat peribadahan bagi umat Hindu namun, di Bogor terdapat Pura Jagatkarta yang terletak di dekat kaki Gunung Salak. Pura tersebut adalah Pura terbesar yang ada di Pulau Jawa. Pura Jagatkarta sendiri merupakan pura terbesar kedua setelah Pura Besakih yang berada di Bali. Pura ini tempatnya masuk di kawasan Ciapus, Kecamaatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Pura Jagatkarta sendiri masih berfungsi sebagai tempat persembahyangan umat Hindu. Dengan tatanan batu bata merah dan berbagai ornamen-ornamen yang mendukung kawan GNFI sudah seperti merasakan berada suasana di Bali.

Kawan GNFI akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar Gunung Salak | Blog Indonesia
info gambar

Terdapat juga sepasang gapura tinggi yang sudah terlihat dari kejauhan. Tak hanya itu kawan GNFI juga akan disajikan dua patung harimau yang akan menyambut para pengunjung di depan gerbang. Lalu lalang para penjaga pura dan pengunjung dan diselingi bau dupa membuat suasana pura semakin semarak.

Dikutip dari liputan6 kawan GNFI yang ingin berkunjung di pura ini bisa memasuki secara gratis, tetapi pastikan jaga lisan dan juga tingkah laku sebab,mengingat tempat ini masih digunakan sebagai tempat persembahyangan. tak hanya itu kawan GNFI juga bisa memberikan sumbangan seikhlasnya untuk peminjaman selendang bagi wanita dan memakai udeng bagi para pria yang wajib dikenakan saat berkunjung di pura.

Tetapi kawan GNFI disarankan tidak mengunjungi pura ini pada hari Minggu mengingat hari tersebut umat hindu akan melaksanakan ibadah. Tetapi, kawan GNFI masih bisa menikmati pemandangan disekitar kaki Gunung Salak.

Jika kawan GNFI ingin berkunjung di pura tersebut bisa menggunakan kendaraan umum yang harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari jalan pertigaan menuju pura. Tetapi, jika kawan GNFI berkunjung dengan menggunakan jasa ojek bisa diantarkan sampai menuju tempat tujuan langsung.

Refrensi Kompas | Liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini