Laboratorium Anechoic Chamber Terbesar di Indonesia Ada di Bogor

Laboratorium Anechoic Chamber Terbesar di Indonesia Ada di Bogor

Lab. Anechoic Chamber © BRIN

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Ada yang baru beroperasi di pusat teknologi satelit Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang berada di Bogor, yakni fasilitas Laboratiorium Anechoic Chamber. Laboratorium tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi yang juga mengepalai Badan Riset Dan Inovasi (BRIN) Bambang Soemantri Brodjonegoro pada Jumat 21 Februari lalu di Bogor tepatnya di Jalan Cagak, Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur. Laboratorium Anechoic Chamber disebut-sebut menjadi yang terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Keren, bukan?

Nah, kira-kira, apakah Kawan GNFI tahu apa itu Laboratorium Anechoic Chamber? Mungkin terdengar cukup asing, ya. Laboratorium Anechoic Chamber adalah sebuah tempat yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian satelit, pengujian Electromagnetic Compatibility (EMC) dan pengujian standar militer Mil-Std 461-F, serta standar pengujian lain guna mendukung pengembangan dan pengujian komponen elektronika serta telekomunikasi.

Laboratorium Anechoic Chamber dirancang dengan ukuran 20 X 11 X 9,9 meter dan mampu meredam gelombang refleksi elektromagnetik dengan rentang frekuensi mulai dari 100 Khz sampai 40 GHz. Peredam suara dalam ruangan tersebut berada di setiap dinding ruangan tersebut yang dilapisi dengan Wedges yakni material yang memiliki daya serap tinggi dan berbentuk piramida yang puncaknya mengarah pada pusat ruangan.

Kunjungan Kerja Menristek ke LAPAN | Foto : BRIN

Selain datang dan meresmikan Laboratorium Anechoic Chamber, Menristek juga meninjau beberapa fasilitas yang ada di LAPAN, termasuk Ruang Assembly, Integration and Test (AIT), Mission Control Center, dan Antenna Full Motion. Dalam arahannya, Bambang Soemantri Brodjonegoro menyampaikan rasa hormat dan mngapresiasi kinerja dan dedikasi serta pengabdian jajaran LAPAN atas pencapaian dan pengembangan hasil karya dan inovasi teknologi. Menristek juga berharap LAPAN bisa menjadi salah satu yang terdepan di antara Emerging Economy yang kini mulai melirik ke bidang antariksa.

Selain meresmikan Laboratorium Anechoic Chamber, Bambang Soemantri Brodjonegoro juga mengunjungi tempat lain, yakni Pusat Teknologi Roket, dan Pusat Teknologi Penerbangan dan Stasiun Bumi Pengindera Jauh di Bogor. Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam memastikan fasilitas penelitian dan pengembangan untuk percepatan penguasaan teknologi penerbangan dan antariksa di Indonesia guna mewujudkan kemandirian nasional.


Catatan kaki: kumparan | bogorkita

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga57%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau29%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ragam Sate di Pulau Jawa, Ada Sate Favorit Presiden (Bagian 2) Sebelummnya

Ragam Sate di Pulau Jawa, Ada Sate Favorit Presiden (Bagian 2)

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik Selanjutnya

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.