Asal-Usul WKWKWK, Tertawa Khas Orang Indonesia

Asal-Usul WKWKWK, Tertawa Khas Orang Indonesia

Ilustrasi anak sedang tertawa © koranbanjar.net

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Apakah Kawan GNFI pernah mendengar istilah animal symbolicum?. Animal symbolicum adalah istilah yang dicetuskan oleh seorang philosof bernama Ernst Cassirer yang berasal dari Jerman. Istilah tersebut digunakan untuk merujuk atau mendefinisikan manusia sebagai makhluk yang menciptakan simbol. Dan salah satu jenis simbol tersebut adalah bahasa, yang digunakan untuk berekpresi atau mengkomunikasikan gagasan dari seseorang.

Sebagai alat komunikasi bahasa memiliki sifat yang dinamis atau dapat berubah sesuai dengan perkembangan budaya yang ada dalam masyarakat. Dengan sifatnya yang dinamis membuat bahasa menjadi sangat unik dan dapat digunakan sebagai identitas dari suatu kelompok. Di Indonesia sendiri memiliki sangat banyak bahasa daerah, dan untuk menjembatani komunikasi tersebut digunakanlah bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia.

Ilustrasi percakapan | Foto: dnk.id

Dalam penggunaanya di masayarakat bahasa Indonesia ini sering mengalami penyesuaian dengan logat bahasa lokal sehingga tercipta bahasa Indonesia dengan berbagai aksen. Pada kalangan anak muda sendiri dikenal dengan namanya bahasa gaul atau slang yang sering digunakan kettika sedang berkumpul dengan teman sebayanya.

Salah satu slang tersebut adalah penggunaan bentuk "wkwkwk" sebagai ekpresi untuk tertawa. Slang ini biasanya digunakan pada platform online seperti media sosial dalam mengekspresikan tawa. Tapi Kawan GNFI tahu nggak sih awal mula munculnya "wkwkwk" ini?.

Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa versi yang menjelaskan awal mula munculnya "wkwkwk" ini. Pertama, adalah penjelasan dari Dio Wijayanto Nugroho dalam situs Quora. Berdasarkan pengalamanya Dio menjelaskan bahwa pada sekitar tahun 2003-2004 ketika dirinya bermain game untuk mengetik "hahaha" terlalu formal bagi komunitas gamer. Dan berdasarkan pengalamanya ada banyak ekpresi tertawa lain seperti "bwahaha", "huehuehue", dan "huahuahua".

Ilustrasi wkwkw | Foto: facebook.com

Kemudian karena "huehuehue" dirasa terlalu formal maka dibuat simpel menjadi "hwhwhw" seperti perubahan dari kata "gua" menjadi "gw". Dan ketika menggunakan "hwhwhw" untuk mengetik huruf "h" pada keyboard terlalu jauh dari tangan kanan maka digunakanlah huruf "k" karena lebih dekat dan lahirlah "wkwkwk". Sumber lain juga mengatakan bahwa "wkwkwk" merupakan kependekan dari "gue ketawa", gue diwakilkan dengan huruf "w" dan ketawa dengan huruf "k".

Dan dalam situs yang sama yaitu Quora, Muhammad Hakim juga mengatakan bahwa pada tahun 1990-an dimana komputer mulai populer di Indonesia ada banyak anak muda yang menggunakan tertawa khas Donald Duck sebagai ejekan pada percakapan sehari-hari. Kemudian ketika anak-anak muda tersebut mulai bermain game, mereka membawa kebiasaan tersebut ketika bermain game online untuk mengejek lawan.

Sumber: kompas.com | quora.com | wikipedia

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih25%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli25%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau25%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Selamat Indomie Menjadi Mie Terenak Di Dunia Versi LA Times Sebelummnya

Selamat Indomie Menjadi Mie Terenak Di Dunia Versi LA Times

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona Selanjutnya

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona

Ahmad Taufiq
@taufiq_am

Ahmad Taufiq

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.