PLN Akan Bangun PLTB Terbesar Di Banyuwangi

PLN Akan Bangun PLTB Terbesar Di Banyuwangi

Ilustrasi PLN nantinya akan membangun PLTB di Banyuwangi yang di klaim terbesar di Pulau Jawa ©Sukita.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Perusahaan Listrik terbesar di Indonesia yakni, PLT PLN akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (angin) di daerah Banyuwangi. Pembangunan PLTB ini nantinya diklaim sebagai PLTB terbesar di Pulau Jawa. Memiliki kapasitas 50 megawatt di Banyuwangi ini kan menajadi Pembangkit Listrik Tenaga angin yang memiliki skala terbesar pertama di Pulau Jawa.

Dikutip dari Detiknews Bob Saril selaku General Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur mengatakan bahwa, PLTB yang terletak di Kecamatan Wongsorejo tersebut nantinya akan membentang dari Selat Bali yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

“Nantinya ini menjadi PLTB pertama dan terbesar di Pulau Jawa. Target pengoperasiannya dilakukan pada 2023. Kami juga sudah melakukan studi kelayakan (Feasibility Study) sejak tahun 2019” ungkap Bob.

Bob juga menambahkan bahwa, alasan mengapa dibangunnya PLTB tersebut di Banyuwangi yang bertepatan di Kecamatan Wongsorejo yakni, karena melihat lokasi saangat memiliki hembusan angin yang cukup kencang. Dari penelitian yang dilakukan, lokasi tersebut memiliki semacam terowongan angin yang memiliki kekuatan bagus sebagai pendorong pembangkit listrik tenaga angin.

“PLTB ini akan memasok kebutuhan listrik untuk Kabupaten Banyuwangi dan Bali. Dengan memiliki kapasitas 50 Megawatt ini bisa menyuplai listrik untuk 50 ribu pengguna,” imbuh Bob.

nantinya PLTB tersebut akan memasok kebutuhan Listrik dari Pulau Jawa Hingga Bali | Sumber: Kemendikbud

Proses menuju pembangunnannya sendiri akan dimulai pada bulan Maret mendatang dan prosesnya akan dimulai dengan melakukan studi kelayakan kekuatan angin dengan cara mendirikan tiang pancang.

Bob mengatakan tak hanya pembangunan PLTB saja di area tersebut juga akan dibangun wisata edukasi energi yang ramah lingkungan untuk wisatawan yang akan berkunjung.

“PLTB ini dimula dari kesadaran yang bagaimana untuk mengoptimalkan energi baru yang ramah lingkungan. Nah, maka pusat edukasi ini juga akan hadir untuk mengedukasi masyarakat tentang berbagai hal-hal tersebut” tuturnya.

Selain itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa, pengembangan dari enegri baru terbarukan tersebut diharapkan akan bisa mendorong ekonomi lokal.

“’Selain memasok listrik untuk masyarakat dan dunia usaha, sekaligus juga bisa menjadikan destinasi wisata yang baru,” pungkasnya.

Refrens: Detiknews | Antara | Pemkab Banyuwangi

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Mengenal Natuna, Pulau Observasi WNI Dari Wuhan Sebelummnya

Mengenal Natuna, Pulau Observasi WNI Dari Wuhan

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan? Selanjutnya

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan?

chelsea sivana sofie maria
@chelseasivana

chelsea sivana sofie maria

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.