PLN Akan Bangun PLTB Terbesar Di Banyuwangi

PLN Akan Bangun PLTB Terbesar Di Banyuwangi
info gambar utama

Perusahaan Listrik terbesar di Indonesia yakni, PLT PLN akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (angin) di daerah Banyuwangi. Pembangunan PLTB ini nantinya diklaim sebagai PLTB terbesar di Pulau Jawa. Memiliki kapasitas 50 megawatt di Banyuwangi ini kan menajadi Pembangkit Listrik Tenaga angin yang memiliki skala terbesar pertama di Pulau Jawa.

Dikutip dari Detiknews Bob Saril selaku General Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur mengatakan bahwa, PLTB yang terletak di Kecamatan Wongsorejo tersebut nantinya akan membentang dari Selat Bali yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

“Nantinya ini menjadi PLTB pertama dan terbesar di Pulau Jawa. Target pengoperasiannya dilakukan pada 2023. Kami juga sudah melakukan studi kelayakan (Feasibility Study) sejak tahun 2019” ungkap Bob.

Bob juga menambahkan bahwa, alasan mengapa dibangunnya PLTB tersebut di Banyuwangi yang bertepatan di Kecamatan Wongsorejo yakni, karena melihat lokasi saangat memiliki hembusan angin yang cukup kencang. Dari penelitian yang dilakukan, lokasi tersebut memiliki semacam terowongan angin yang memiliki kekuatan bagus sebagai pendorong pembangkit listrik tenaga angin.

“PLTB ini akan memasok kebutuhan listrik untuk Kabupaten Banyuwangi dan Bali. Dengan memiliki kapasitas 50 Megawatt ini bisa menyuplai listrik untuk 50 ribu pengguna,” imbuh Bob.

nantinya PLTB tersebut akan memasok kebutuhan Listrik dari Pulau Jawa Hingga Bali | Sumber: Kemendikbud
info gambar

Proses menuju pembangunnannya sendiri akan dimulai pada bulan Maret mendatang dan prosesnya akan dimulai dengan melakukan studi kelayakan kekuatan angin dengan cara mendirikan tiang pancang.

Bob mengatakan tak hanya pembangunan PLTB saja di area tersebut juga akan dibangun wisata edukasi energi yang ramah lingkungan untuk wisatawan yang akan berkunjung.

“PLTB ini dimula dari kesadaran yang bagaimana untuk mengoptimalkan energi baru yang ramah lingkungan. Nah, maka pusat edukasi ini juga akan hadir untuk mengedukasi masyarakat tentang berbagai hal-hal tersebut” tuturnya.

Selain itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa, pengembangan dari enegri baru terbarukan tersebut diharapkan akan bisa mendorong ekonomi lokal.

“’Selain memasok listrik untuk masyarakat dan dunia usaha, sekaligus juga bisa menjadikan destinasi wisata yang baru,” pungkasnya.

Refrens: Detiknews | Antara | Pemkab Banyuwangi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini