Bersama Warganet Melawan Monster Hoaks Corona

Bersama Warganet Melawan Monster Hoaks Corona

Keterangan Gambar Utama © Pemilik Gambar FPMSI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Novel Coronavirus (2019-nCoV) tengah menjadi perbincangan hangat dunia. Semenjak pertama kalinya dilaporkan menyebar di Wuhan, provinsi Hubei, China pada tanggal 31 Desember 2019 lalu, telah lebih dari 70 negara terjangkit virus corona. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status darurat global virus corona.

Seiring menyebarnya virus tersebut, berita terkait virus corona juga terus menyebar ke seluruh antero dunia, tak terkecuali Indonesia. Berbagai berita tentang perkembangan virus corona terus merebak melalui berbagai media baik cetak maupun digital.

Terkait penyebaran virus corona yang telah merambah berbagai negara, telah menyebar pula berbagai monster hoaks yang sama mengerikannya dengan virus corona. Lantaran sosial media telah membantu mempercepat penyebaran monster hoaks tentang virus corona.

Menyikapi hal tersebut, Ketua MPR, Bambang Soesatyo meminta kepada penegak hukum untuk menindak tegas para pelaku penyebar hoax. Pasalnya menurutnya tindakan penyebaran hoax harus segera dihentikan, sehingga pemerintah dan petugas Dinas Kesehatan bisa fokus untuk menangkal wabah Corona bukan hoaxnya.

Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia telah mendeteksi bertambahnya monster hoaks terkait penyebaran virus corona yang meresahkan masyarakat. Setidaknya dalam lima minggu pertama sejak dilaporkannya penyebaran virus corona dari Wuhan, Kemenkominfo telah mengidentifikasi sebanyak 154 berita informasi berisi monster hoaks tentang virus corona hingga per 3 Maret 2020. Monster Hoaks tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat apabila berita tersebut terus dibagikan berulang-ulang melalui sosial media.

Atas kondisi tersebut, diharapkan masyarakat khususnya Warganet harus cerdas, dengan tidak mudah dirasuki oleh konten disinformasi alias hoax terkait wabah Corona. Peran Warganet dalam menyebarkan informasi positif sangat diperlukan. Terlebih pemerintah saat ini sedang berupaya mengantisipasi bertambahnya korban yang terjerat wabah virus Corona, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah terjaga dan masyarakat dapat mematuhi segala arahan yang diberikan pemerintah.

Selanjutnya Warganet bersama elemen masyarakat diharapkan langsung melakukan counter terhadap "monster hoax" dengan posting konten positip yang berisi informasi-informasi yang resmi dikeluarkan melalui Kementerian Kesehatan dan instansi lainnya. Diharapkan Warganet juga bijak dalam menjaring informasi sehingga yang dapat dicerna adalah informasi dari sumber resmi pemerintah.

Sudah semestinya Warganet harus turun tangan lawan monster Hoax dan Dukung Upaya Pemerintah mengatasi penyebaran Virus Corona Demi terwujudnya Kondusivitas Masyarakat dengan kampanye menjalani pola hidup sehat menuju Bangsa yang Sehat dan Kuat.


(pastikan sertakan sumber data berupa tautan asli dan nama jika mengutip suatu data)

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Keris Pangeran Diponegoro Akan Dipamerkan Saat Kunjungan Raja Belanda ke Indonesia Sebelummnya

Keris Pangeran Diponegoro Akan Dipamerkan Saat Kunjungan Raja Belanda ke Indonesia

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik Selanjutnya

Pentingnya Narasi Bijak Para Pejabat Publik

Natsir Akbar
@natsirakbar

Natsir Akbar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.