Ternak Ikan Gurame Menjadi Prospek Bisnis Menguntungkan

Ternak Ikan Gurame Menjadi Prospek Bisnis Menguntungkan

gdmorganic.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Ikan gurame menjadi salah satu komoditi yang sangat enak dipadukan dengan berbagai macam kuliner. Gurame sendiri menjadi salah satu ikan yang berukuran besar dengan kualitas daging yang enak dan lezat. Bahkan dalam menu restoran atau tempat kuliner selalu menyertakan jenis ikan yang satu ini.

Banyak orang tertarik untuk mencoba keberuntungan dan membidik bisnis ternak ikan gurame, peluang bisnis ini terbilang besar. Dari segi modal sampai persiapan lahan tentu membutuhkan modal yang cukup lumayan. Namun jika anda tertarik menekuni bisnis ternak ikan gurame tentu hasil atau profit yang dihasilkan sangat lumayan.

Beberapa media ternak ikan gurame yang biasa digunakan untuk anda pemula, seperti halnya kolam ikan terpal, kolam ikan tanah maupun kolam ikan semen. Masing media kolam tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun dari segi budget, masing-masing media kolam juga memiliki harga dan kapasitas sesuai besarnya populasi ikan gurame. Hal lainnya yang perlu dipersiapkan selain media kolam yaitu penggunaan pakan untuk ikan gurame.

Salah satunya pakan pokok yang terdiri dari zooplankton, larva insekta, fitoplankton dan krustacea. Selain itu juga memberikan pakan pellet yang disesuaikan dengan umur ikan gurame. Untuk menumbuhkan pakan alami untuk ikan gurame, anda bisa memberikan probiotik ikan gurame yang dapat menumbuhkan pakan alami.

Berikut penjelasan keuntungan usaha ikan gurame seperti berikut ini,

  1. Pangsa Pasar Luas

Seperti salah satu komoditas lauk pauk yang memiliki banyak peminat, ikan gurame memiliki pasar yang cukup luas. Bahkan permintaanya relatif stabil dari waktu ke waktu. Pangsa pasar yang luas sangat memudahkan para peternak ikan gurame untuk memasarkan hasil panen mereka.

  1. Harga Stabil

Ikan gurame yang memiliki ukuran relatif besar maupun sedang, memiliki harga yang relatif stabil dan tinggi. Biasanya ikan gurame dijual dalam setiap kg atau kilogramnya. Harga yang relative stabil memberikan keuntungan dan pendapatan yang sesuai untuk para peternak.

  1. Perawatan Mudah

Gurame menjadi salah satu ikan yang memiliki prospek bisnis bagus, selain itu juga biaya perawatannya juga relatif terjangkau. Tergantung dengan jumlah besarnya usaha ternak atau kolam medianya.

Selain itu pemberian pakan sampai pada masa perawatan hingga panen juga terbilang mudah. Tentu saja anda tetap harus memantau kebersihan dan juga takaran pakan yang diberikan.

Keuntungan bisnis ternak ikan gurame memang sudah tidak bisa diragukan lagi, jika anda menekuni usaha ternak ikan gurame tentu hasil panennya akan memperoleh hasil yang memuaskan. Jadi bagaimana Kawan GNFI, tertarik untuk memulai bisnis ikan gurame?*

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Jateng Ekspor 10 Bus Tingkat Karya Anak Bangsa ke Bangladesh Sebelummnya

Jateng Ekspor 10 Bus Tingkat Karya Anak Bangsa ke Bangladesh

Geliat Pelaku E-Commerce Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Saat Pandemi Selanjutnya

Geliat Pelaku E-Commerce Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Saat Pandemi

Karolina Eka
@karolina37

Karolina Eka

http://gdm.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.