Presiden Jokowi Ikuti KTT G20 Secara Virtual, Bahas Penanganan Corona

Presiden Jokowi Ikuti KTT G20 Secara Virtual, Bahas Penanganan Corona

Presiden Joko Widodo mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT LB) G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3) © Biro Pers Sekretariat Negara

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (26/3/2020). Dalam KTT ini akan dibahas upaya bersama anggota G20 dalam penanganan virus Corona (Covid-19).

Dilansir oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, KTT virtual ini digagas oleh Arab Saudi selaku Ketua G20 tahun 2020. KTT G20 dibuka oleh Raja Salman bin Abdulaziz AL Saud pada pukul 19.00 WIB.

KTT Luar Biasa G20 ini tidak hanya dihadiri oleh 20 anggota G20, tetapi juga termasuk 7 negara undangan, 9 organisasi internasional, dan 2 organisasi regional.

“Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemik, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain,” dikutip dari siaran pers Kementrian Luar Negeri terkait diskusi Jokowi dalam KTT Luar Biasa G20 itu.

Selain Jokowi, Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang turut menghadiri KTT Luar Biasa G20 ini adalah Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri India Narendra Modi, PM Italia Giuseppe Conte, PM Jepang Shinzō Abe, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Presiden Uni Eropa Charles Michel.

Sementara itu, saat KTT Luar Biasa G20 secara virtual ini berlangsung Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Presiden Joko Widodo di KTT G20 Virtual. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo saat KTT G20 Virtual. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

"Pertemuan ini bersama memerangi pandemik covid-19. Kemudian kedua adalah mencegah terjadinya dampak negatif terhadap global dan ketiga bagaimana mengatasi masalah global supply chain terutama medical tools yang sangat dibutuhkan," kata Sri Mulyani, Kamis (26/3/2020), dikutip dari CNBC Indonesia.

Fokus terpentingnya adalah bagaimana caranya untuk bersama-sama menemukan vaksin untuk melawan virus corona ini, yang tentu saja membutuhkan kerja sama WHO dan sejumlah negara.

"Pertemuan negara ini mengalokasikan US$ 4 miliar yang akan dimobilisasi seluruh negara dalam rangka akselerasi riset dan menemukan anti-virus," tegas Sri Mulyani.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih50%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
120 Jembatan Gantung Selesai Dibangun di 22 Provinsi Sebelummnya

120 Jembatan Gantung Selesai Dibangun di 22 Provinsi

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.