Rumah Sakit Darurat Corona Pulau Galang Resmi Dioperasikan

Rumah Sakit Darurat Corona Pulau Galang Resmi Dioperasikan
info gambar utama

Rumah Sakit Darurat Penanganan Corona (Covid-19) yang berlokasi di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri), resmi mulai beroperasi hari ini, Senin (6/4/2020).

Peresmian rumah sakit ini dilakukan langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Yudo Margono.

"Iya hari ini mulai operasi, belum ada pasien," ucap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya Yudo Margono dilaporkan Okezone.

“Untuk saat ini, rumah sakit ini belum bisa melayani pasien, karena pihak pengelola rumah sakit masih melakukan penyesuaian, termasuk uji fungsi berbagai peralatan medis dan uji tugas tenaga medis tersebut di setiap bagian yang dipersiapkan,” kata Tjetjep dilansir oleh Kompas.

Walaupun belum ada pasien, tetapi rumah sakit ini sudah mensiagakan petugas dari berbagai unsur gabungan dari TNI, Polri, Kemenkes, dan relawan yang seluruhnya berjumlah 241 orang.

RS Corona di Pulau Galang. Foto: Kompas.com/Hadi Maulana
info gambar

Rumah Sakit Darurat Covid-19 ini akan diprioritaskan untuk menangani para pasien yang baru pulang dari luar negeri atau pekerja migran dan juga menangani pasien dalam kategori ringan dan sedang.

Rumah Sakit ini memiliki 3 Zona, yaitu Zona A untuk fasilitas penunjang bagi para dokter dan paramedis.

Sementara, Zona B untuk fasilitas medis, tempat isolasi, dan observasi pasien yang dirawat.

Sedangkan Zona C untuk area cadangan untuk pengembangan fasilitas lain di area rumah sakit yang sekaligus akan dijadikan pusat riset.

"Hal ini nantinya menjadi tanggungan pemerintah daerah, yakni pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam, bahkan struktur organisasi rumah sakit telah dibentuk oleh Pangdam I/Bukit Barisan," kata Tjetjep kepada Kompas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini