Konser Amal Digital Musisi Indonesia Peduli Covid-19

Konser Amal Digital Musisi Indonesia Peduli Covid-19
info gambar utama

Kawan GNFI, salah satu upaya para musisi Indonesia untuk peduli wabah Corona (Covid-19) adalah dengan melakukan konser amal dari rumah.

Konser itu bertujuan untuk menghibur masyarakat di rumah namun sambil memberikan donasi melalui penggalangan dana untuk membantu masyarakat lain yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi virus Corona.

Sekira ada 40 musisi Tanah Air yang terlibat tampil dalam acara konser amal bertajuk #KonserSatuCara yang diadakan Kamis-Jumat (9-10/4/2020) pukul 19.30 WIB melalui layanan streamingVidio secara gratis.

Konser amal dimeriahkan sederet artis top, seperti; Andi Rianto, Monty Tiwa, Raisa, Titi DJ, Rossa, Sheila Dara, Naura, Rio Febrian, Be3, Giring, Anji, Marcell, Afgan, Barsena, Harvey Malaihollo, Virgoun, Ashila, dan Ruth Sahanaya.

Ada juga Krisdayanti, Yuni Shara, Once, Iis Dahlia, Tompi, Gamaliél & Audrey, Maruli Tampubolon, Kevin Widaya, Prilly Latuconsina, Vidi Aldiano, Lesti, Fildan, Mikha Tambayong, Cinta Laura Kiehl, Ari Wibowo, Boy William, Ramen Gvrl, Dira Sugandi, Joe Taslim, dan Devano Danendra.

Mengagagas tagar #SolidaritasTanpaBatas yang bekerjasama dengan Kitabisa.com, konser ini menargetkan pengumpulan donasi sebanyak Rp2 miliar dalam kurun 50 hari.

Sebelumnya, konser dengan konsep sama juga pernah digelar dengan melibatkan 100 musisi dan komedian dalam #TAYTB Live Stream Fest dengan tujuan serupa.

Samara Live, MRA Media, dan Bank OCBC NISP, menyebut konsep hiburan ini diklaim sebagai alternatif baru untuk industri live event di Indonesia semasa pandemi.

Konser Sobat Ambyar

Sementara pada Sabtu (11/4), Kompas TV menggandeng Didi Kempot untuk bisa menyelenggarakan ''Konser Amal dari Rumah'' pada pukul 19.00 WIB dengan tagar #SobatAmbyarPeduli.

Konser dengan konsep digital ini akan menempatkan masing-masing untuk tetap berada di tempat terpisah, baik penyelenggara acara (Kompas TV), pengisi acara (Didi Kempot), penggemar (Sobat Ambyar), maupun penonton secara umum.

Konser amal ini juga untuk menggalang dana guna membantu jutaan orang yang mengalami kesulitan ekonomi dan untuk para pekerja yang terkena PHK akibat pandemi ini.

Sosok musisi berjuluk ''The Good Father of Brokenheart" dan sang penyelanggara berharap bahwa masyarakat bisa meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian di tengah masa yang sulit ini.

Poster Konser Amal dari Rumah Didi Kempot | Kompas.tv
info gambar

Mereka Para Pekerja yang Terdampak

Dari data yang dihimpun GNFI dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), tercatat sudah sebanyak lebih dari 1,2 juta pekerja yang dirumahkan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak pandemi ini.

Per tanggal 7 April 2020, data Kemenaker menyebut bahwa terdapat 39.977 perusahaan yang melakukan PHK dan merumahkan 1.010.579 karyawannya.

Rinciannya adalah sebanyak 873.090 pekerja dari 17.224 perusahaan yang harus dirumahkan dan 137.489 pekerja dari 22.753 perusahaan yang terkena PHK.

Sementara jumlah perusahaan dan pekerja pada sektor informal yang terdampak dari wabah ini ada sebanyak 34.453 perusahaan dengan jumlah pekerjanya sebanyak 189.452 orang.

---

Sumber: Liputan6.com | Vidio.com | Sonora.id | Kompas.tv

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini