Pada Plastik dan Kertas, Virus Corona Melekat Lebih Lama

Pada Plastik dan Kertas, Virus Corona Melekat Lebih Lama
info gambar utama

Kawan GNFI, selain harus mewaspadai sebaran virus Corona dengan menjaga jarak dan melakukan pembatasan sosial (social distancing), nyatanya kita juga harus waspada terhadap benda-benda di sekitar kita yang berpotensi terpapar virus mematikan tersebut.

Pasalnya, dalam kondisi social distancing ini, masyarakat kerap memesan paket barang maupun makanan. Nah, dari sana virus pun berpotensi tersebar, selain melalui lendir, mata, mulut, maupun hidung.

Dalam jurnal yang diterbitkan Journal of Hospital Infection(6/2/2020), disebutkan di sana bahwa virus Corona dapat bertahan pada permukaan yang tidak hidup seperti logam, kaca, atau plastik. Durasinya pun beragam, mulai dari 2 jam hingga lima hari.

Namun virus tersebut dapat dimatikan secara efisien dengan prosedur disinfeksi pada permukaan benda-benda tersebut dengan beberapa bahan kimia dengan dosis tertentu, semisal 62-71 persen pada etanol (C2H5OH), 0,5 persen di hidrogen peroksida (H2O2), atau 0,1 persen natrium hipoklorit (NaOCl).

Jika penyemprotan disinfektan pada permukaan benda-benda tersebut dilakukan secara efektif, maka diklaim dapat mematikan virus dalam waktu satu menit.

Meski begitu, jurnal ini merupakan hasil tes pada virus Corona jenis SARS-CoV dan lainnya, bukan SARS-CoV-2 atau 2019-n-CoV, yang merupakan biang kerok wabah Covid-19. Secara ilmiah, daya tahan virus sumber Covid-19 hingga saat ini belum diketahui.

Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri menjadi sangat penting, dan jangan dianggap remeh, apalagi sampai abai.

Berikut daftar-daftar benda yang berpotensi sebagai media penyebaran virus Corona, dan durasi virus menempel pada benda tersebut:

  • Aluminium (2-8 jam)

Sebagai media yang ada di sekitar kita, zat aluminium seperti kusen, gantungan baju, hingga pelapis kabel, merupakan salah satu media yang dapat menyebarkan virus ini.

  • Sarung tangan medis (8 jam)

Inilah sebabnya kenapa tim medis selalu membuang dan memusnahkan sarung tangan medis usai digunakan untuk merawat pasien positif Corona. Selain sarung tangan medis, pelapis berbahan karet atau lateks pun bisa jadi media penyebaran virus.

  • Baja (2 hari)

Beberapa benda seperti tiang listrik, perkakas bengkel, suku cadang (spare part) kendaraan, juga berpotensi sebagai media bercokolnya virus ini.

  • Kaca (4 hari)

Menjadi salah satu elemen yang dapat kita temui di sekitar, kaca nyatanya menjadi salah satu media sebaran virus yang efektif.

  • Kayu (4 hari)

Tak bedanya dengan kaca sebagai bahan yang lazim kita temui, nyatanya virus ini lumayan betah menempel pada kayu.

  • Kertas (4-5 hari)

Sebagai media tulis dan baca, kertas nyatanya mampu menjaga virus ini bertahan lebih lama ketika menempel.

  • Plastik (5 hari)

Benda yang lazim kita pegang setiap hari, seperti plastik—atau yang berbahan dasar plastik, menjadi benda dengan daya tempel virus ini dengan durasi yang cukup lama.

Durasi virus Corona saat menempel di sebuah benda
info gambar

---

Sumber: Journal of Hospital Infection

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini