Jatim Bangun Lumbung Pangan bisa Online dan Drive Thru

Jatim Bangun Lumbung Pangan bisa Online dan Drive Thru
info gambar utama

Memasuki bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) membangaun Lumbung Pangan Jatim. Ini adalah gerai yang menyediakan aneka bahan pokok dengan harga murah di bawah harga pasar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendirikan Lumbung Pangan Jatim jelang Ramadan sekaligus membantu masyarakat saat pandemi covid-19.

Lumbung Pangan Jatim adalah gerai pengganti operasi pasar yang menyediakan aneka bahan pokok dengan harga murah di bawah harga pasar.

"Dalam suasana seperti ini sudah agak susah menggelar Operasi Pasar yang biasa kita lakukan jelang bulan Suci Ramadhan. Maka Lumbung Pangan Jatim ini akan menjadi solusinya.," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Khofifah) dikutip dari lansiran iNews.

Lumbung Pangan Jatim akan menjual sejumlah bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, telur ayam, gula, daging ayam, daging ikan, dan juga bawang putih.

“Dalam suasana seperti ini sudah agak susah menggelar operasi pasar yang biasa kami lakukan menjelang bulan suci Ramadan. Maka Lumbung Pangan Jatim ini akan menjadi solusinya. Berdasarkan laporan tim di beberapa kali rapat, sistem yang baru dari penjualan Lumbung Pangan Jatim adalah menggunakan sistem preorder dan drive thru,” kata Khofifah dikutip lansiran Kontan.

Lumbung Pangan Jatim dibangun di lokasi strategis yang mudah diakses seluruh warga, yaitu di Gedung Jatim Expo International, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

"Karena sekarang di larang ada kegiatan, maka kita manfaatkan gedung itu sebagai tempat lumbung pangan. Posisinya di Jatim Expo," jelas Khofifah dikutip dari lansiran Medcom.

Khofifah menjelaskan lebih lanjut bahwa pembelian bahan pokok di Lumbung Pangan Jatim dapat dilakukan secara online dan bebas ongkir dengan jarak pembelian maksimal 20 kilometer.

Bahan pokok yang akan dijual contohnya adalah beras dalam bentuk kemasan 5 kilogram dengan harga jualnya mulai dari Rp 53.500 hingga Rp 57.700 per kemasan. Telur ayam di kisaran harga Rp 21.500 per kilogram sudah dalam kemasan yang aman. Minyak goreng dengan harga Rp 11.500 per liter dan bawang putih dengan harga Rp 21.000 per kilogram.

Lumbung Pangan Jatim juga menjual daging ayam beku dengan harga Rp 26.000 per kilogram, gula dengan harga jauh lebih murah dengan harga Rp 12.500 per kilogram, serta ikan fillet dori dengan harga Rp 35.000 per kilogramnya.

Pemprov Jatim buka lumbung pangan Jatim pada 21 April 2020. Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan
info gambar

“Lumbung Pangan Jatim ini digelar atas perintah Ibu Gubernur untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat Jatim. Dan yang perlu dicatat adalah pelaksanannya dalam membeli di Lumbung Pangan Jatim ini tetap menerapkan physical distancing dan tidak akan terjadi kerumunan,” kata Koordinator Lumbung Pangan Jatim Erlangga dikutip dari lansiran Kontan.

Erlangga menambahkan kalau ada pembeli yang antre di lokasi Jatim Expo, panitia sudah menyiapkan kursi duduk yang sudah diatur berjarak dua meter, sehingga physical distancing tetap dilakukan.

Disamping itu, pembelian dapat dilakukan secara online, dengan membuat order ke pantia dan pantia nanti yang akan mengantar dan bebas ongkir dengan maksimal jarak 20 kilometer.

“Sedang kami uji coba seperti preorder, jadi masyarakat bisa memesan dulu dan memberi tahu ke kami kapan belanjaan akan diambil. Sehingga saat masyarakat akan mengambil belanjaan tinggal datang ke Jatim Expo dan tidak usah turun dari kendaraan, melainkan langsung dari kendaraan motor atau mobilnya nanti kita memberikan,” pungkas Erlangga dikutip dari lansiran Kontan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini