Inilah Cara Daftar dan Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Inilah Cara Daftar dan Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja
info gambar utama

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah bantuan berupa pembiayaan pelatihan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan kerja para pendaftar.

Program Kartu Prakerja diselenggarakan oleh pemerintah dengan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para angkatan kerja, meningkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja.

Bagi Kawan GNFI yang ingin mendaftarkan diri di Kartu Prakerja, maka harus memenuhi beberapa syarat pendaftaran sebagai warga negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, dan sedang tidak dalam sekolah atau kuliah. Namun, program prakerja ini diprioritaskan untuk para pengangguran muda.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja yang seharusnya dibuka pada 9 April 2020, diundur menjadi 11 April 2020 lalu. Tentunya, sebelum melakukan pendaftaran, Kawan GNFI perlu membuat akun terlebih dahulu.

Cara mendaftar Kartu Prakerja cukup mudah. Kawan GNFI dapat menggunakan surel aktif yang panduannya dituliskan sebagai berikut.

  1. Masukan nama lengkap, email, dan kata sandi
  2. Klik daftar
  3. Lakukan verifikasi yang dikirimkan melalui email
  4. Pendaftaran pun berhasil

Setelah mendaftar, Kawan GNFI pun dapat melakukan login ke akun Kartu Prakerja dengan membuka laman prakerja.go.id. Kemudian, ikut langkah berikut.

  1. Klik login atau masuk pada lama depan
  2. Masukan email dan kata sandi akun Kawan GNFI
  3. Kawan GNFI berhasil masuk ke akun Kartu Prakerja

Cara daftar Kartu Prakerja

Setelah Kawan GNFI berhasil mendaftarkan akun Kartu Prakerja dan login akun, Kawan GNFI bisa langsung masuk ke dashboard akun, untuk kemudian mengikuti langkah berikut ini.

  1. Isi verifikasi sesuai identitas KTP Kawan GNFI
  2. Tekan tombol berikutnya
  3. Lengkapi data diri
  4. Unggah foto KTP dan swafoto bersama KTP
  5. Lakukan verifikasi telepon
  6. Tekan tombol kirim

Setelah selesai melakukan verifikasi KTP, pengisian data diri, dan verifikasi nomor telepon, Kawan GNFI wajib untuk melakukan deklarasi survei. Selain itu, Kawan GNFI pun diwajibkan untuk melakukan tes.

Selanjutnya saat selesai melakukan tes, Kawan GNFI akan berpartisipasi dalam seleksi batch, memilih batch yang Kawan GNFI inginkan sesuai domisili.

Tahapan pendaftaran pun selesai. Selanjutnya hanya perlu menunggu jalannya proses evaluasi pendaftaran. Nantinya, Kawan GNFI akan menerima pemberitahuan pengumuman lolos dan bisa mengikuti batch yang sudah dipilih.

Syarat Mengikuti Pelatihan Online

Proses selanjutnya, Kawan GNFI diwajibkan untuk memilihi pelatihan online. Kawan GNFI harus lolos tes dan mendapat kuota pada batch yang dipilih.

Jika lolos dalam tes tersebut, pastikan Kawan GNFI telah memilih batch sesuai periode dan area yang Kawan GNFI inginkan. Jika sudah, tekan Ya untuk gabung.

Tunggu proses evaluasi. Jika kuota batch yang dipilih masih ada, tentu Kawan GNFI akan menerima pemberitahuan, begitupun jika kuota batch sudah habis.

Jika ternyata kuota batch program Kartu Prakerja telah habis, dan berniat untuk mendaftar kembali, maka Kawan GNFI tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang.

Adapun untuk gelombang ketiga pendaftaran, yaitu pada 27 April sampai 30 April mendatang.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini