Tiga Startup Indonesia Terpilih Ikuti Program Akselerasi se-Asia Tenggara-India

Tiga Startup Indonesia Terpilih Ikuti Program Akselerasi se-Asia Tenggara-India
info gambar utama

Surge, program percepatan untuk startup di Asia Tenggara dan India yang dimiliki oleh Sequoia India hari ini mengumumkan 15 early-stage startup (startup tahap awal) yang terpilih pada Surge 03 2020.

Sejak peluncurannya pada Maret 2019, Surge telah berkembang menjadi komunitas yang terdiri atas lebih dari 110 founder dari 52 startup yang tersebar di enam negara.

Berdasarkan laporan e27.com, program ini menyediakan modal usaha sebesar 1-2 juta dollar AS untuk setiap startup dan memberikan program workshop company-building serta dukungan dari komunitas mentor dan founder ternama dari perusahaan-perusahaan seperti Gojek, ONE Championship, dan Tokopedia.

Para pendiri startup di Program Akselerator Surge 03. Foto: Sequoia Capital
info gambar

Cohort Surge 03 2020 berisi 15 startup dari Singapura, Indonesia, Vietnam, dan India yang menyelesaikan berbagai masalah di industri vertikal yang beragam, termasuk di antaranya SaaS (Software-as-a-Service), Dev tools, produk Konsumen (Consumer), Makanan & Minuman (F&B), Pendidikan dan Kesehatan. Para founder berasal dari delapan kebangsaan, termasuk India, Indonesia, Vietnam, Singapura, Italia, Kanada, Barbados dan, Swedia.

Startup dari Asia Tenggara, di antaranya Bukukas, Hangry dan CoLearn dari Indonesia, Thuocsi dari Vietnam dan Pencil, Pentester Academy, Tigerhalldan Tinvio dari Singapura.

Startup Bukukas membantu UMKM memahami dan mengelola keuangan secara lebih efektif menggunakan aplikasi buku kas digital yang mudah digunakan di smartphone. Hangry mengelola cloud kitchen yang melayani berbagai ‘restoran virtual’ untuk pemesanan online. Sementara itu, CoLearn menjadi platform edutech yang memberdayakan lembaga-lembaga les dan para tutornya untuk menciptakan pengalaman belajar secara online bagi para siswanya.

Surge 03 telah dimulai pada tanggal 13 April, dan untuk pertama kalinya berlangsung secara daring sepenuhnya. Sesi sehari penuh diadakan seminggu sekali selama 16 minggu.

William Tanuwidjaja, Founder dan CEO Tokopedia akan menjadi salah satu mentor Surge 03 dari Sequoia Capita. Foto: Cronyos.com
info gambar

“Asia Tenggara merupakan ekosistem startup yang berkembang pesat didorong oleh perekonomian digital dan mobile first,” ujar Rajan Anandan, Managing Director Surge and Sequoia Capital India LLP, dikutip Technologue.id.

“Program Surge 03 tidak berbeda dari sebelumnya. Kami percaya bahwa sangat penting untuk mendukung para founder bukan hanya pada saat mereka berhasil, namun juga di saat-saat sulit. Dan kami bangga dapat bermitra dengan kelompok startup kali ini dengan para founder ambisius, yang membangun perusahaan mereka di masa yang paling sulit pada era ini.” lanjutnya.

Hampir 25% dari semua pendaftaran Surge hingga hari ini datang dari Asia Tenggara. Dari angka ini, 16% berasal dari Singapura dan Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini