Indeks Pembangunan Manusia Menurut Provinsi di Indonesia (2010-2019)

Indeks Pembangunan Manusia Menurut Provinsi di Indonesia (2010-2019)
info gambar utama

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua wilayah. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah wilayah dikategorikan maju, berkembang atau terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Menurut laporan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terbaru Indonesia 2019 telah mencapai 71,92 tumbuh sekitar 0,7 persen dibandingkan tahun lalu. Itu artinya IPM Indonesia masuk kategori tinggi (70 – 80).

Sementara selama kurun waktu 2010 - 2019 provinsi dengan IPM tertinggi diperoleh oleh DKI Jakarta, puncaknya tahun 2019 nilai IPM nya mencapai angka 80,76, menjadikan satu – satu nya provinsi dengan status sangat tinggi. Lalu di susul DI Yogyakarta (79,99), Kalimantan Timur (76,61), Kepulauan Riau (75,48), Bali (75,38), Riau (73,00) lalu ada Sulawesi Utara yang mencatatkan angka 72,99 sekaligus menjadi provinsi dengan IPM tertinggi di pulau Sulawesi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini