Cerita Kreator Si Juki, Menginspirasi Anak Muda Lewat Industri Animasi

Cerita Kreator Si Juki, Menginspirasi Anak Muda Lewat Industri Animasi
info gambar utama

Industri animasi Indonesia diwarnai oleh kehadiran Si Juki. Kreatornya, Faza Meonk bercerita bahwa kehadiran Si Juki tidak terlepas dari keresahannya terhadap tidak adanya karakter lokal fiksi yang disukai masyarakat. Meskipun Si Juki berawal dari sebuah 'keisengan', nyatanya Si Juki jadi salah satu karakter yang sangat populer di dunia animasi.

“Saya selalu mengutip tentang kreativitas itu sebenarnya cara kita bertahan hidup. Kalau kita gak kreatif, kita mungkin akan mati, mati digilas zaman,” tutur Faza Meonk, Kreator Si Juki.

Untuk lebih dalam membahas bagaimana Si Juki bisa tercipta dan harapan Faza terhadap Si Juki untuk industri animasi di Indonesia, yuk kita simak obrolan seru bersama Faza Meonk, Kreator Si Juki.

Terciptanya Si Juki

Sebenarnya cerita terbentuknya Si Juki adalah sebuah kebetulan. Hal itu diawali dari keisengan Faza selaku kreator Si Juki. Dari dulu, Faza memiliki keresahan terhadap Indonesia yang tidak memiliki karakter lokal fiksi, yang benar-benar disukai masyarakat.

Faza tumbuh besar di era Doraemon, Dragon Ball, hingga Spongebob, namun Faza menyadari bahwa ia tidak menemukan karakter Indonesia yang sesungguhnya. Ada namun tidak benar-benar sekuat dari luar Negeri yang semua orang mengetahuinya. Hal itulah yang menjadi latar belakang terciptanya Si Juki.

Kemunculan karakter Si Juki diawali dari Faza yang suka mengunggahnya di facebook, blog, dan kaskus, lalu kemudian mendapat respon antusian dari banyak orang. Tadinya, Faza sudah mengubur impiannya masuk ke dunia komik karena melihat dunia komik tidak prospek di Indonesia.

Akan tetapi, dengan hal tersebut, Faza melihat ada potensi bahwa komik bukan masalah harus bikin gambar yang bagus atau cerita yang rumit, tapi bagaimana kontennya bisa relate dengan pembacanya, dan akhirnya bisa menemukan target pembaca yang tepat.

Akhirnya, Si Juki dapat market pembaca anak mahasiswa karena komiknya awalnya tentang DKV 4, yaitu tentang anak DKV. Kemudian diterbitkanlah Si Juki dengan judul "Ngampus" dan tema yang lebih general, yaitu seputar dunia perkuliahan.

Hal itu pula lah yang membuat Faza merasa bahwa keresahan yang ada harus diusahakan menjadi sebuah karakter. Akhirnya, terciptalah Si Juki untuk menjadi brand character.

Pesan yang Disampaikan Melalui Si Juki

Si Juki terlahir dengan slogan #BeraniBeda, karena melihat anak-anak muda zaman sekarang lebih banyak ikut-ikutan daripada berbuat sesuatu. Mereka takut untuk beda, padahal berbeda sesuatu yang menarik dan indah.

Banyak sekali isu-isu yang bisa dibawa. Salah satunya isu sosial anak muda. Akan tetapi, Si Juki tetap membawakannya dengan cara komedi dan menghibur. Bagaimanapun juga, anak muda tidak mau dimotivasi dengan cara diceramahi. Anak muda lebih senang di-entertain terlebih dahulu, baru mereka akan dapat sendiri pesan yang disampaikan.

Perkembangan Dunia Animasi Indonesia

Animasi di Indonesia sekarang sudah mengalami potensi yang sangat tinggi, karena anak zaman sekarang lebih suka dihibur lewat audio visual. Jadi, konten video sekarang jadi trending, maka dari itu Youtube kuat. Nah, di sini sebenarnya animasi potensinya juga tinggi dan industrinya sendiri juga sedang mengalami pertumbuhan sejak Si Juki The Movie tayang dan penontonnya juga banyak.

Mulai banyak produser-produser yang mau invest ke industri animasi. Kesempatan pun menjadi besar, begitu juga dengan tantangan di industri animasi ini. SDM yang berkualitas sudah ada, sudah banyak, namun kuantitasnya masih kurang untuk sebuah industri.

Masih butuh banyak anak muda, orang-orang baru di dunia animasi yang bertalenta sehingga bisa masuk ke industri animasi. Jadi, justru ada banyak sebuah kesempatan untuk anak-anak muda yang mau di industri animasi.

Faza Meonk, Kreator Si Juki
info gambar

Pentingnya Kreativitas dalam Menciptakan Si Juki

Si Juki dibuat seolah-olah hidup di media sosial. Dia bisa melontarkan sesuatu di Twitter, dia bisa nge-post di Intagram, sehingga Kawan GNFI bisa merasakan bahwa karakter Si Juki ini "Hidup". Nah, dari itulah kreativitas harus jalan terus. Dengan begitu, kreativitas harus selalu terasah dengan banyaknya konten yang harus dibuat.

Tips Menciptakan Ide Kreatif

Menurut Faza, sebagai anak muda haruslah open minded, terbuka dengan berbagai macam gagasan. Kedua, harus menjadi orang yang up to date dan punya wawasan luas. Kawan GNFI perlu mempelajari banyak referensi ke kepala, dimasak, dan dimodif lagi untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru. Terlihat fresh dan tetap relate dengan apa yang ingin Kawan GNFI sampaikan.

Pesan untuk Anak Muda

Bagi Faza, kreativitas adalah cara untuk bertahan hidup. Kalau tidak kreatif, maka mungkin akan mati digilas zaman. Pekerjaan apapun selalu menuntut kita untuk selalu kreatif. Lantas bagaimana menjadi kreatif? Kawan GNFI harus terbuka terhadap banyak hal. Cari referensi yang banyak dan penting untuk bergaul dengan banyak orang. Hal itu akan membuat kita bisa berpikir, mendapatkan referensi dari banyak hal.

Harapan untuk Dunia Animasi Indonesia

Sebagai seorang senimat, Faza sudah menginspirasi anak-anak muda lewat karakter Si Juki bahwa animasi Indonesia memiliki masa depan. Dari animasi juga bisa masuk ke banyak medium, bisa ke merchandising, dan segala macam. Faza berharap agar industri animasi di Indonesia bisa lebih maju lagi, SDM-nya juga bisa bertambah secara kuantitas. dan kualitasnya juga semakin meningkat.

Nah, itulah obrolan seru youngontop.com bersama Faza Meonk, Kreator Si Juki. Semoga kisahnya bisa menginspirasi Kawan GNFI semua, ya!

Jika Kawan GNFI ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya, silakan kunjungi youngontop.com, atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini