Dalam 10 Tahun Terakhir, Inilah Negara-Negara Paling Dermawan Sedunia

Dalam 10 Tahun Terakhir, Inilah Negara-Negara Paling Dermawan Sedunia
info gambar utama

Warga negara mana saja yang dianggap paling dermawan dalam memberikan bantuan kepada orang lain? Dalam sebuah survey global yang diadakan oleh Charity Aid Foundation yang berpusat di Inggris, kita mengetahui jawabannya. Survey ini diadakaln selama 10 tahun, dari tahun 2009-2018 di 128 negara, dengan responden sekitar 1.3 juta orang, dan dirilis dalam sebuah laporan World Giving Index.

Dalam laporan tersebut, warga di Amerika Serikat adalah yang paling dermawan di dunia, diikuti oleh Myanmar dan Selandia Baru. Selama rentang 10 tahun terakhir, responden survei ditanya apakah mereka telah melakukan hal-hal berikut dalam sebulan sebelumnya:

  • Menyumbangkan uang untuk amal.
  • Bekerja secara sukarela dalam suatu organisasi
  • Membantu orang yang tidak dikenal yang membutuhkan bantuan

Inilah 10 negara yang warganya paling dermawan di dunia, dalam 10 tahun terakhir:

Sumber : Marketwatch.com
info gambar

Negara

Peringkat

Kedermawanan

Amerika Serikat

1

Myanmar

2

Selandia Baru

3

Australia

4

Irlandia

5

Canada

6

Inggris

7

Belanda

8

Sri Lanka

9

Indonesia

10

Beberapa highlight dari laporan World Giving Index di antaranya:

  • Lima negara dengan lompatan skor terbesar dari tahun sebelumnya adalah Indonesia, Kenya, Singapura, Malaysia, dan Irak.
  • Lima negara dengan penurunan skor terbesar adalah Maroko, Afghanistan, Kamboja, Mauritania dan Azerbaijan.
  • Lima negara yang menempati peringkat tertinggi untuk membantu orang asing adalah Liberia, Sierra Leone, AS, Kenya, dan Zambia.
  • Lima negara yang melaporkan persentase responden tertinggi mengatakan bahwa mereka telah menyumbangkan uang adalah Myanmar, Inggris, Malta, Thailand, dan Belanda.
  • Lima negara yang melaporkan persentase responden tertinggi yang mengatakan bahwa mereka telah menyumbangkan waktu untuk sebuah organisasi adalah Sri Lanka, Turkmenistan, Myanmar, Liberia, dan AS.

Bagaimana dengan negara-negara di mana penduduknya dianggap paling kurang dermawan? Mereka adalah Tiongkok, diikuti oleh Yunani dan Yaman, yang menurut laporan tersebut, dinyatakan bahwa Tiongkok adalah satu-satunya negara yang masuk dalam 10 terbawah untuk masing-masing dari tiga pertanyaan yang ditanyakan kepada responden.

Negara kaya maupun negara miskin sama-sama dermawan

Tujuh dari 10 negara teratas adalah di antara yang terkaya di dunia, sementara tiga di antaranya adalah negara berkembang kurang makmur: Myanmar, Sri Lanka dan Indonesia. Faktor-faktor budaya dan agama tampaknya memainkan peran.

Beberapa negara Afrika - Liberia, Sierra Leone, Kenya dan Zambia - berada di puncak daftar negara-negara di mana orang-orang kemungkinan besar membantu orang asing, yang menurut laporan tersebut dikaitkan dengan filosofi Afrika ubuntu, yang memprioritasnya kepedulian kepada sesama.

==

Referensi:

“Which Countries Are the Most Generous?” U.S. News & World Report, U.S. News & World Report, www.usnews.com/news/best-countries/articles/2019-12-20/the-worlds-most-generous-countries.

Albrecht, Leslie. “The U.S. Is the No. 1 Most Generous Country in the World for the Last Decade.” MarketWatch, MarketWatch, 7 Dec. 2019, www.marketwatch.com/story/the-us-is-the-most-generous-country-but-americans-say-debt-is-keeping-them-from-giving-more-to-charity-2019-10-18.

Charity Aid Foundation. “World Giving Index 2008-2019.“ 2019. pdf.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini