BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia
info gambar utama

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) menjadi bank dengan merek paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset Brand Finance: Banking 500 2020, dengan valuasi merek ditaksir mencapai US$ 3,5 miliar atau setara dengan Rp 52,4 triliun.

BRI menempati posisi ke-81 dari 500 bank terbaik di dunia dan menjadi peringkat teratas merek bank paling bernilai di Indonesia. Diikuti oleh BCA di peringkat ke-87 dan Bank Mandiri di posisi ke-95.

Valuasi merek BRI meningkat 8 persen dibanding tahun lalu, dari US$3,27 miliar menjadi US$ 3,5 miliar.

Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto menyatakan bahwa perseroan bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Dia menyebut, nilai merek BRI masih tumbuh di tengah valuasi 500 bank di dunia yang menurun.

“Alhamdulillah nilai brand BRI masih dapat tumbuh, berbanding terbalik dengan kondisi total valuasi merek dari 500 bank di dunia, dimana secara total nilainya turun dari semula US$1,36 triliun di 2019 menjadi US$1,33 triliun pada tahun ini,” jelas Amam dikutip dari lansiran Bisnis.

Dilaporan oleh Katadata bahwa metodologi yang digunakan oleh Brand Finance dalam menyusun valuasi merek terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan tersebut diantaranya dengan menggabungkan hasil penilaian Brand Strength Index (BSI), Brand Royalti Rate serta kinerja Bank BRI secara keseluruhan.

Brand Finance sendiri merupakan konsultan valuasi merek terkemuka di dunia yang telah menerapkan standar ISO 16088 dan ISO 20671 serta tergabung dalam Marketing Accountability Standards Board.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini