Tips Hemat Belanja di Masa Pandemi Covid-19

Tips Hemat Belanja di Masa Pandemi Covid-19
info gambar utama

Siapa yang tidak senang belanja? Tentunya, berbelanja untuk memenuhi kebutuhan merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, berbelanja yang berlebihan juga akan menjadikan kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Diperlukan adanya aturan yang ketat terhadap biaya belanja agar pengeluaran tidak melonjak.

Aturan bagi penerapan uang belanja bulanan termasuk hal yang penting untuk menghindari adanya pelonjakan pengeluaran biaya untuk hak yang sebenarnya tidak terlalu penting. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, perlu untuk menghemat segala biaya pengeluaran.

Terdapat beberapa tips yang dapat Kawan GNFI terapkan dalam mengatur strategi keuangan saat berbelanja di masa pandemi Covid-19 saat ini. Berikut tipsnya.

Belanja di Pasar Tradisional

Seiring majunya perkembangan zaman, semakin banyak pula pasar pasar modern yang menyediakan berbagai kebutuhan, seperti supermarket atau minimarket yang cenderung lebih disukai oleh banyak orang dibandingkan dengan pasar tradisional.

Namun, bagi Kawan GNFI yang ingin menghemat pengeluaran biaya belanja alangkah baiknya jika memilih pasar tradisional sebagai tempat membeli berbagai kebutuhan yang diinginkan. Produk atau barang yang dijual di pasar tradisional umumnya lebih murah dibandingkan dengan supermarket atau minimarket.

Jangan lupa untuk tetap terapkan protokol kesehatan, ya, saat berbelanja di pasar. Gunakan masker dan jaga jarak.

Buatlah Daftar Belanjaan

Rencanakan terlebih dahulu barang apa saja yang ingin Kawan GNFI beli dengan mencatat daftar belanjaan. Dengan membuat daftar belanjaan, maka Kawan GNFI hanya akan mengeluarkan uang yang dibutuhkan saja sesuai dengan apa yang akan dibeli.

Hak itu akan menghindarkan Kawan GNFI agar tidak mengeluarkan biaya untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Beli Bahan Makanan dengan Jumlah Banyak

Apabila ada jenis barang yang sekiranya dibutuhkan sehari-hari, maka lebih baik beli dengan jumlah yang banyak sekaligus karena pasti harganya akan lebih murah dibandingkan jika membeli dengan junlah yang sedikit.

Selain lebih murah, membeli bahan-bahan dengan jumlah banyak juga akan menghemat pengeluaran biaya ongkos untuk berulangkali datang ke pasar.

Manfaatkan Diskon

Pasti terdapat banyak sekali diskon yang diberlakukan oleh beberapa toko terhadap barang-barang yang dijual pada toko tersebut. Diskon biasanya lebih banyak terjadi di awal bulan dan menjelang akhir bulan, di mana pada saat itulah orang ingin membeli berbagai kebutuhan.

Pada umumnya, hampir semua barang di supermarket menawarkan potongan harga berupa bonus. Kawan GNFI bisa memanfaatkan kondisi itu untuk melakukan belanja kebutuhan, untuk mendapatkan harga terbaik.

Membeli Produk dengan Merek Toko

Beberapa toko telah banyak mengeluarkan atau membuat produk dengan brand atau nama toko yang menjualnya. Nama dari produk tersebut sama dengan nama toko itu sendiri.

Jenis produk itu bisa menjadi sasaran Kawan GNFI yang ingin mulai menghemat biaya yang dikeluarkan untuk belanja. Biasanya, produk dengan nama atau merek toko memiliki harga lebih murah dibanding dengan merek jenis lain.

Hindari Makanan Cepat Saji

Di masa seperti ini, kesehatan tentu menjadi hal yang utama. Maka, perhatikanlah makanan apa yang Kawan GNFI konsumsi. Memasak bahan makanan sendiri tentunya lebih terjamin dibanding makanan cepat saji.

Makanan cepat saji atau makanan instan juga biasanya cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan apabila Kawan GNFI membeli bahan bahan makanan sendiri. Meskipun makanan tersebut cukup praktis, namun harga yang ditawarkan pun juga sebanding dengan tingkat kerumitan membuatnya.

Oleh karena itu apabila Kawan GNFI ingin menghemat uang belanja, maka hindari untuk membeli makanan yang cepat saji atau makanan instan. Lebih baik membuat makanan sendiri dengan bahan bahan yang dibeli di pasar tradisional.

Mengatur keuangan cukup mudah dilakukan. Tergantung bagaimana mindset Kawan GNFI terhadap apa saja pentingnya menghemat dan tidak bersikap boros. Tips di atas dapat Kawan GNFI terapkan dalam mengatur pengeluaran belanja.

Selamat berbelanja. Tetap jaga kesehatan, ya!*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini