Menelisik Potensi Besar Investasi Asing di Indonesia

Menelisik Potensi Besar Investasi Asing di Indonesia

KBRI Prancis memaparkan kondisi perekonomian di Indonesia dalam Economic Forum on Indonesiadi kawasan bisnis La Défense, Paris (6/3/2018) © eljohnnews.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia menjadi negara yang terus diproyeksikan oleh dunia internasional menjadi negara dengan ekonomi yang kuat dan besar dalam beberapa tahun kedepan. Bahkan, Indonesia dinilai mampu menyaingi perekonomian negara-negara di Benua Eropa.

Beberapa hari sebelumnya, Bank Dunia (World Bank) dan IMF telah memprediksi bahwa pada tahun 2024 Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-5 di dunia. Prediksi ini juga diperjelas dengan pernyataan bahwa perekonomian Indonesia akan menyalip Inggris dan Jerman.

Salah satu tonggak utama dalam peningkatan kuantitas dan kualitas perekonomian di Indonesia adalah investasi. Berdasarkan hasil survey yang dihimpun Bank Dunia dalam laporan Global Investment Competitiveness Report 2019/2020, disebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari 10 negara yang paling banyak dilirik oleh investor asing.

Indonesia patut berbangga, dikarenakan posisi Indonesia berada pada peringkat ke-5 dari 10 negara tersebut. Sebelumnya, China masuk ke peringkat pertama, kemudian disusul oleh Brazil, India, dan Meksiko.

Sumber: World Bank Data Statistic
Pada tahun 2019, nilai investasi asing (FDI) di Indonesia adalah sebesar 24,58 Miliar US Dollar. Nilai tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-5 sebagai negara dengan nilai FDI terbesar di dunia| Sumber: World Bank Data Statistic (data.worldbank.org)

Nilai investasi asing di Indonesia sempat mengalami penurunan secara signifikan pada tahun 2016, yakni sebesar 4,5 Miliar US DOllar yang sebelumnya pada tahun 2015 nilai investasi asing tersebut adalah sebesar 19,7 Miliar US Dollar.

Namun, Indonesia mampu untuk membangkitkan kembali gairah investor asing. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai investasi asing di Indonesia yang kembali melonjak pada tahun 2017, yaitu sebesar 20,51 Miliar US Dollar dan terus naik hingga mencapai nilai sebesar 24,58 Miliar US Dollar pada tahun 2019.

World Bank Statistic
Nilai Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing di Indonesia yang terus meningkat. Pada tahun 2019, nilai FDI Indonesia adalah sebesar 24,58 Miliar US Dollar | Sumber : World Bank Data Statistic (data.worldbank.org)

Sementara itu, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa Singapura adalah negara yang memberikan kontribusi terbesar bagi investasi asing di Indonesia. Kemudian, disusul oleh negara China dan Jepang yang masing-masing berada pada peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, di posisi ke-6 hingga kesepuluh masing-masing diduduki oleh negara Hong Kong, Belanda, Malaysia, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, dan terakhir yakni Australia. 30,6% dari total investasi asing di Indonesia dimiliki oleh Singapura, kemudian Jepang dan China dengan memberikan kontribusi investasi bagi Indonesia masing-masing sebesar 17,8% dan 8,2%.

Berdasarkan peta wilayah sebaran Investasi Asing di Indonesia yang dipublikasikan oleh BKPM pada tahun 2020 Kuartal Pertama, DKI Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai provinsi dengan perolehan nilai investasi asing dan jumlah proyek terbesar di Indonesia.

Kemudian disusul oleh Jawa Barat, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Tengah, dan Jawa Timur.

bkpm.go.id
DKI Jakarta menjadi provinsi peringkat pertama dengan nilai investasi dan jumlah proyek asing terbesar di Indonesia. Di sisi lain, posisi terbawah diduduki oleh Provinsi Sulawesi Barat | Sumber: bkpm.go.id

Akan tetapi, dibalik luar biasanya potensi investasi asing di Indonesia, terdapat beberapa kendala yang saat ini masih sering dihadapi oleh para investor asing di Indonesia. Salah satu kendala yang sering diperbincangkan adalah dalam hal regulasi, khususnya regulasi investasi yang dibuat oleh pemerintah daerah setempat.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa terdapat 24 perusahaan asing yang siap sedia untuk berinvestasi di Indonesia dengan estimasi total nilai investasi adalah sebesar Rp700 Triliun. Dikarenakan regulasi perizinan, perpajakan, pengaturan lahan yang dinilai rumit, membuat banyak dari investor tersebut yang mengurungkan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia

Global Investment Competitiveness Report 2019/2020
Dari 10 negara dengan investasi asing terbesar di dunia, Indonesia berada pada posisi pertama sebagai negara dengan tingkat kesulitan penanaman investasi asing tertinggi dibandingkan lainnya | Sumber: Global Investment Competitiveness Report 2019/2020

Indonesia yang saat ini telah menjadi salah satu negara tujuan investasi asing terbesar di dunia dapat diharapkan terus melakukan pembenahan pada iklim investasinya agar kedepannya investasi asing tersebut semakin membantu Indonesia dalam memajukan kondisi perekonomian.

Tentunya upaya dalam meningkatkan investasi asing tersebut juga diharapkan dapat diiringi dengan semangat untuk meningkatkan kemakmuran bangsa dan negara dan mendorong adanya pembangunan yang keberlanjutan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.*

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Penampakan Dingo, Anjing Purba Misterius Penjaga Puncak Carstensz Sebelummnya

Penampakan Dingo, Anjing Purba Misterius Penjaga Puncak Carstensz

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan Selanjutnya

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan

Megumi Koto
@megumikoto39

Megumi Koto

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.