Sejarah Hari Ini (9 Agustus 2017) - Museum Keris Nusantara Diresmikan Jokowi

Sejarah Hari Ini (9 Agustus 2017) - Museum Keris Nusantara Diresmikan Jokowi
info gambar utama

Museum Keris Nusantara yang terletak di kawasan Sriwedari diresmikan oleh presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Agustus 2017.

Peresmian museum yang dibangun bersumber pada dana APBN, APBD dan donatur tersebut disimbolisasikan dengan menggunting pita oleh Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

Presiden RI Jokowi menggunting pita pembukaan Museum Keris Nusantara di Surakarta pada 9 Agustus 2017.
info gambar

Jokowi menjelaskan bahwa pendirian Museum Keris yang sudah digagas sejak ia menjabat Walikota Surakarta bertujuan untuk menjaga warisan budaya bangsa.

Selain itu ia juga meminta agar generasi muda tidak meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa.

''Dengan kehadiran museum ini, saya berharap kita bisa bersama-sama melihat perjalanan sejarah keris, tombak atau pedang dan lain-lain yang merupakan bagian seni budaya kita Indonesia,'' ujar dia

Terdapat sekitar 409 koleksi keris berbagai jenis dan ukuran serta 38 tombak dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya tersimpan rapi.

Di museum ini juga dilengkapi dengan video visual mengenai sejarah perjalanan keris di Indonesia dan juga ruangan sebagai pusat pembelajaran keris bagi pengunjung.

Keris sendiri sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya non bendawi.

Referensi: Jatengprov.go.id | Pariwisatasolo.Surakarta.go.id

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini