Digandeng Label Musik Internasional, Weird Genius Kini Sepayung dengan Musisi Kelas Dunia

Digandeng Label Musik Internasional, Weird Genius Kini Sepayung dengan Musisi Kelas Dunia
info gambar utama

Weird Genius sekali lagi bikin bangga. Grup musik Indonesia yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerard Liu itu kembali jadi sorotan dunia internasional.

Kali ini Weird Genius mengabarkan kabar baik kalau mereka digandeng label terkenal, Astralwerks. Berdiri pada 1993, Astralwerks adalah label rekaman yang berbasis di Amerika. Label ini berfokus pada musik bergenre elektronik dan tari di bawah perusahaan label terkemuka Universal Music Group.

Satu Label dengan Musisi Dunia

Kabar mengenai digandengnya Weird Genius disebarkan pertama kali oleh salah satu anggota Weird Genius, Reza Oktovian atau Reza Arap, dalam cuitannya pada Senin (17/8/2020). "Apa yang ingin kusampaikan adalah, Weird Genius kini bergabung dengan Astralwerks (Keluarga Universal Music), sebagai artis Asia pertama yang bergabung dengan label ini," cuitnya. "Kami sangat bersemangat bisa satu label dengan sejumlah nama besar seperti Marshmello, Halsey, Alesso, David Guetta, SIA, dan banyak lagi. Ini adalah awal dari perjalanan kami di arena internasional," tuturnya menambahkan.

Reza menambahkan bahwa sebenarnya pernyataan yang ia umumkan ini belum resmi. Pengumuman sesungguhnya akan disampaikan pada hari ini, Selasa (18/8/2020). Benar saja, sebuah unggahan dari akun Instagram Astralwerks mengonfirmasi kabar dari Reza Oktovian.

Weird Genius resmi digandeng Astralwerks.
info gambar

"We are so excited to announce our first signing to Astralwerks Asia @weird.genius welcome to the family! "Lathi" outnow (Kami senang sekali mengumumkan perekrutan pertama kami untuk Astralwerks Asia @weird.genius selamat datang di keluarga ini! "Lathi" tersedia sekarang)," begitu unggahan dari akun Astralwerks.

Dalam pernyataannya, Reza Oktovian juga sempat mengilas balik perjalanannya bersama dengan Weird Genius. "Sudah 4 tahun sejak aku mendirikan grup musik ini, Weird Genius. Banyak orang dulu meragukannya. Karena aku dan kawanku, Eka, memulai semuanya sebagai seorang YouTuber," tuturnya.

Selama empat tahun, mereka merilis 13 lagu. Dua di antaranya adalah rilisan major, yakni "Sweet Scar" yang menampilkan Prince Husein, dan "Lathi" bersama Sara Fajira.

"Kami bertemu dengan orang-orang bertalenta, memiliki teman baru, belajar cara menahan ego (terutama saya), dan selalu mencoba hal-hal baru dan terus mengeksplorasi ide-ide kami di dunia EDM. Lathi membawa kami ke level selanjutnya," tutur Reza.

Mencuat Lewat "Lathi"

Sebelumnya, lagu berjudul "Lathi" yang dipopulerkan Weird Genius dan berkolaborasi dengan penyanyi Sara Fajira telah meraih banyak prestasi. Tak hanya di tanah air, kesuksesan Weird Genius membuat dunia internasional mengalihkan pandangannya pada mereka.

Lathi memecahkan rekor sebagai lagu yang menduduki posisi pertama tangga lagu Spotify Indonesia Top 50 selama enam minggu berturut-turut. Sukses di dalam negeri, lagu hits ini berhasil memasuki sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura, Malaysia, Hong Kong, hingga Taiwan.

Lathi juga menempati peringkat teratas beberapa tangga lagu platform berbeda di waktu yang sama, seperti Youtube Music, Apple Music, Spotify, Deezer, dan Itunes. Selain itu, Lathi juga menjadi track yang paling banyak dicari di aplikasi Shazam.

Ada nuansa keindonesiaan dalam "Lathi". Instrumen khas Jawa, gamelan dimasukkan dimunculkan di bagian bridge.

Eka menceritakan bahwa sejak awal, Weird Genius terus mencoba mengangkat budaya tradisional Indonesia di lagu-lagu EDM yang diciptakan. Namun, mulai dari "Lathi", Weird Genius akan lebih serius melakukan hal tersebut.

Sebenarnya ada banyak instrumen di Indonesia, tetapi Eka ingin memasukkan gamelan terlebih dahulu karena sudah dikenal banyak orang. "Kalau kita masukin musik tradisional yang sulit dikenali orang, kemungkinan efeknya bakal enggak bagus buat lagu. Jadi, kita start dengan gamelan, yang banyak diketahui orang," ujarnya pada Maret 2020 lalu.

Mejeng di Times Square New York

Semakin mendunia, baliho bergambar grup musik Weird Genius dan video billboard Lathi juga terpampang di salah satu tempat penting di Amerika Serikat. Akun resmi Weird Genius mengumumkan kabar gembira bahwa lagu "Lathi" menembus angka 100 juta untuk pemutaran secara online.

Dengan pencapaian tersebut, wajah para anggota Weird Genius dipromosikan sedang streaming di kota New York. Keberhasilan Weird Genius ini mencatatkan diri sebagai satu-satunya musisi dari Indonesia yang dipasang di kawasan amat bergengsi di pusat bisnis dunia yang berada di New York, yakni kawasan Times Square.

Sontak kabar tersebut langsung menarik perhatian publik. Tak hanya para fan, warganet pun mengaku turut bangga dengan pencapaian tersebut.

Selamat untuk Weird Genius, semakin semangat dalam berkarya ya!

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini