Terbaru! Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2020

Terbaru! Inilah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2020
info gambar utama

Bertepatan pada peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-75, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi mengumumkan peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Penilaian ini dibagi menjadi beberapa kluster sesuai indikator penilaian yang digunakan. Penilaian yang dilaksanakan Kemendikbud pada tahun ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Hasil klusterisasi tersebut akan digunakan menjadi landasan bagi Kemendikbud dan perguruan tinggi dalam melaksanakan perbaikan terus-menerus yang bertujuan meningkatkan performa dan kesehatan organisasi.

Penyusunan klusterisasi ini memakai empat jenis sumber data. Keempatnya ialah sebagai berikut:

  • Data dari Pangkalan Data Dirjen Pendidikan Tinggi (PD Dikti)
  • Data yang tidak tercakup di PD Dikti tetapi merupakan hasil penilaian dari unit kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  • Data yang belum tercakup di PD Dikti tetapi dikumpulkan secara terstruktur oleh unit kerja dan sangat relevan dengan klusterisasi perguruan tinggi.
  • Data dari eksternal Kemendikbud tetapi sudah mapan dan dapat menggambarkan kualitas perguruan tinggi, yakni data akreditasi, kinerja penelitian, inovasi, data pengabdian masyarakat, dan data publikasi terindeks Scopus

Kemendikbud memberlakukan empat indikator penilaian, yakni Input, Proses, Output, dan Outcome. Masing-masing indikator ini terdiri atas sejumlah kriteria penilaian.

1. Input

Indikator Input meliputi persentase dosen berpendidikan doktor (S3), persentase dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di industri.

2. Proses

Indikator proses meliputi akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi (BAN-PT), akreditasi program studi BAN-PT, pembelajaran daring, kerja sama perguruan tinggi, kelengkapan laporan PD Dikti, jumlah program studi yang bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

3. Output

Indikator Output meliputi jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian, kinerja kemahasiswaan dan jumlah program studi yang terakreditasi atau bersertifikasi internasional.

4. Outcome

Sedangkan indikator Outcome terdiri atas kinerja inovasi, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Berdasarkan data Kementeria 2020, inilah 10 Universitas Negeri terbaik di Indonesia yang sekaligus tergabung dalam kluster 1.

  1. IPB (skor 3.648)
  2. UI (skor 3.414)
  3. UGM (skor 3.315)
  4. Universitas Airlangga (skor 3.299)
  5. ITB (skor 3.275)
  6. ITS (skor 3.218)
  7. Universitas Hasanuddin (skor 3.161)
  8. Universitas Brawijaya (skor 3.161)
  9. Universitas Diponegoro (skor 3.111)
  10. Universitas Padjajaran (skor 3.007)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini