Bercerita dan Berbagi Inspirasi Melalui Animasi

Bercerita dan Berbagi Inspirasi Melalui Animasi
info gambar utama

Saat membicarakan tentang Indonesia, mungkin kemahiran dalam bidang 'Animasi' bukan yang pertama muncul di benak Kawan GNFI. Kita lebih sering mengenal kartun-kartun buatan studio animasi asal negara lain.

Namun, beberapa tahun terakhir, nama seperti Rini Sugianto dan Andre Surya mulai mengangkat kesadaran masyarakat akan animator-animator Indonesia dan karya mereka. Rini terlibat dalam animasi film-film Hollywood, seperti “The Avengers” dan Andre terlibat dalam animasi film “Transformers”. Kemunculan nama-nama mereka membuat publik lebih mengapresiasi karya anak bangsa dalam bidang animasi.

Walaupun bermunculan nama yang mengharumkan Indonesia di kancah Internasional, terkadang pekerjaan menjadi animator masih dipandang sebelah mata. Di era digital ini, semakin banyak animator Indonesia yang menggait kesuksesan dan pengakuan atas karya mereka. Animator-animator ini tetap setia terhadap passion-nya, dan berhasil mengeluarkan karya-karya yang menghibur banyak orang, serta menghidupi diri mereka.

Siapa saja para animator tersebut? Yuk, simak 3 Animator yang sukses berkarya lewat social media.

Naufal Faridurrazak a.k.a. Animasinopal

Cuplikan animasinopal | Foto: Youtube Animasinopal
info gambar

Awalnya, Naufal hanya sebatas berhobi menggambar dan membuat komik. Namun, dalam waktu yang relatif singkat, seri karyanya yang berjudul Animasinopal telah menjadi salah satu seri favorit netizen Indonesia. Dengan style animasi yang minimalis dan charming, Animasinopal sering mengangkat humor dari cerita-cerita pengalaman sehari-hari kita.

Naufal memulai seri Animasinopal saat dia berkuliah. Keahliannya dalam menggambar dan membuat animasi dilakukan dengan otodidak. Melihat konten yang dibuatnya sekarang, enggak menyangka ternyata dia belajar animasi dari melihat tutorial-tutorial di YouTube.

Naufal pun juga seringkali berterima kasih kepada adik dan kedua orang tuanya yang selalu mendukung passion miliknya. Berkat kegigihan untuk belajar serta dukungan dari keluarga, kesuksesan Naufal sebagai Animator kini bisa dilihat dari 5.8 juta subscriber di kanal YouTube Animasinopal.

Julian Syahputra a.k.a. Sengklekman

Julian Syahputra sang animator Sengklekman | Foto: Liputan6.com
info gambar

Berawal dari komik strip, Julian telah menjalani seri Sengklekman secara rutin mengeluarkan episode-episode animasi lewat YouTube channel dan IGTV. Sengklekman adalah animasi yang berhumor absurd, menceritakan tentang bagaimana rasanya memiliki teman-teman yang amat ‘sengklek’.

Gaya animasi yang sengaja dibuat tak halus dengan ekspresi-ekspresi yang hiperbola membuat ke-sengklek-an dari episode-episodenya semakin menjadi-jadi.

Perjalanan karier Julian membuktikan bahwa karier sebagai animator ternyata merupakan pilihan hidup yang sah. Ternyata dari penghasilan dia menjalani seri Sengklekman, ia sudah bisa menabung cukup untuk lamaran hanya dalam waktu 3 tahun. Naufal bercerita bahwa ia dapat mencapai kesuksesan dia dengan mengekspansi brand Sengklekman, seperti membuat merchandise, hingga membuat konten live-action.

Nur Alif Ramadhan a.k.a. Dalang Pelo

Cuplikan youtube Dalang Pelo | Foto: Youtube Dalang Pelo
info gambar

Diawali pada 2016 saat Nur Alif kelas 1 SMK, Dalang Pelo merupakan seri Animasi yang bercerita tentang petualangan-petualangan lucu empat teman dalam kehidupan sehari-hari. Nur Alif atau akrab dipanggil Acil, secara rutin mengunggah episode Dalang Pelo di kanal YouTube dan IGTV.

Dalam 4 tahun, Dalang Pelo telah berhasil menggait 2.93 juta subscribers di YouTube. Yang membuat angka ini semakin keren adalah bahwa ia menjalani seri Dalang Pelo dengan sangat mandiri.

Acil adalah salah satu contoh animator yang paling palu gada (apa lu mau, gue ada!). Sebagai creator dari Dalang Pelo, Acil sampai sekarang mengerjakan setiap episode dengan sendirian.

Ia sendiri yang menggambar, animasi, menyunting, dan bahkan melakukan voice acting setiap karakter. Menariknya, Acil menjelaskan bahwa ia sebenarnya terbuka untuk bekerja-sama dengan tim untuk kedepannya. Hanya saja, ia belum bertemu dengan mitra yang cocok dengannya. Tampaknya Acil memahami pentingnya bermitra dalam pekerjaan, maka dia gak mau sembarang memilih mitra.

Itulah 3 dari banyak animator asli Indonesia yang karyanya telah menghibur dan menginspirasi banyak orang melalui media sosial. Semoga setelah ini, Kawan GNFI semakin tertarik untuk mencari tahu dan mengapresiasi karya anak negeri, ya.

Jika Kawan GNFI ingin membaca artikel seru dan inspiratif lainnya, silakan kunjungi youngontop.com, atau ikuti media sosial mereka di @youngontop.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini