Sanggup Tampung 524 Atlet PON 2021, Inilah Wisma Atlet Mandala Jayapura

Sanggup Tampung 524 Atlet PON 2021, Inilah Wisma Atlet Mandala Jayapura
info gambar utama

Akibat pandemi virus corona atau Covid-19 masih mewabah di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang seharusnya diselenggarakan pada 2020 diundur. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), memutuskan PON XX, di mana Papua menjadi tuan rumahnya, akan digelar pada Oktober 2021.

”Beberapa pertimbangan yang mendasari penundaan itu adalah pertama, penyelesaian pekerjaan fisik venue yang masih berlangsung sampai dengan sebelum Covid-19, akhirnya harus tertunda,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, pada April 2020, dikutip GNFI dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Dari diundurnya PON XX menjadi berkah bagi provinsi Papua selaku tuan rumah. Karena diundurnya jadwal pelaksanaan membuat mereka bisa lebih siap maksimal.

Sempat pesimistis karena beberapa venue belum rampung pada awal tahun. Namun, Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Alexander Kapisa, menegaskan seluruh venue PON XX akan rampung pada 2020.

Sesuai perkiraan. Dari sekian banyaknya venue, Wisma Atlet Jayapura akhirnya dinyatakan rampung pada Agustus 2020. Beberapa fasilitas dihadirkan untuk kesuksesan PON XX.

Wisma Atlet Jayapura dan Kantor KONI Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe, secara resmi meresmikan Wisma Atlet dan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Stadion Mandala, Jayapura Utara, Papua, pada Senin (24/8/2020). Orang nomor satu di Papua ini mengatakan peresmian Wisma Atlet dan Kantor KONI merupakan peristiwa bersejarah bagi dunia olahraga bumi cendrawasih.

''Keberadaan wisma atlet dan kantor KONI ini merupakan tonggak baru dan sejarah baru bagi olahraga di Tanah Papua,'' kata Lukas Enembe dikutip dari Antara. ''Provinsi Papua memiliki wisma atlet dan kantor KONI termegah di Indonesia. Tidak ada provinsi lain yang memiliki,'' tegasnya.

Aula Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Wisma Atlet Jayapura, Papua.
info gambar

Masih ada beberapa venue yang belum rampung pengerjaannya. KONI Papua menjelaskan, infrastruktur PON XX per Agustus 2020 baru siap 75 persen. Lukas sendiri akan terus meninjau kesiapan venue dan siap keliling untuk melakukan peresmian. Ia harap atlet Papua bisa manfaatkan fasilitas ini dengan baik untuk menciptakan prestasi olahraga di Papua.

Daya Tampung 524 Atlet

Wisma Atlet Jayapura yang segedung dengan kantor KONI Papua dibangun sejak tahun 2011. Pemerintah menghabiskan anggaran sekitar RP 313 miliar untuk menyukseskan PON XX di Papua 2021.

Didukung fasilitas layaknya hotel bintang empat, gedung berlantai tujuh satu ini disebut salah satu yang termegah di Indonesia. Di luar area penginapan bagi atlet, ada beberapa beberapa bagian untuk kebutuhan Kantor KONI. Ruangannya terbagi di bidang-bidangnya masing-masing termasuk ruang pertemuan (meeting room).

Wiswa Atlet Jayapura yang berdiri di atas lahan seluas 2.944 meter persegi mampu menampung 524 orang atlet. Rencananya tempat ini akan langsung digunakan sebagai tempat pemusatan latihan dalam menghadapi PON XX tahun 2021 mendatang.

Adapun gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas lift, air panas dan dingin, reservoir ground kepasitas 200 kubik, reservoir top floor 48 kubik serta genset berkapasitas 1,2 mega serta ruangan serbaguna berkapasitas 300 orang, ruang makan kapasitas 200 orang dan minimarket dimulai era kepemimpinan Barnabas Suebe sebagai Gubernur Papua.

Selain tempat menginap, juga tersedia fasilitas restoran dan area parkir dengan daya tampung 264 kendaraan.

---

Referensi: Antaranews.com | Papuatoday.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini