Menelisik Tren Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia

Menelisik Tren Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia
info gambar utama

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Pasifik, Indonesia merupakan negara dengan populasi muda di antara negara-negara di dunia.

Berdasarkan peringkat yang ada, rata-rata penduduk di Indonesia berusia 29,7 tahun. Angka ini di bawah rata-rata dunia yang berusia 30,9 tahun. Populasi yang sangat muda tentu memberikan peluang bagi bangsa Indonesia untuk terus lebih berkembang di dunia teknologi digital karena mayoritas penggunanya adalah anak-anak muda atau yang lebih seriang disebut generasi milenial.

we are social

Peningkatan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia

Riset platform media sosial Hootsuite serta platform media We Are Social yang bertajuk global digital report 2020, menunjukkan hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Riset yang dirilis pada Januari 2020 menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang, sementara jumlah total penduduk Indonesia yaitu sekitar 272,1 juta orang. Dibandingkan tahun 2019 yang lalu, total jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat 17 persen atau sekitar 25 juta orang pengguna.

Pada tahun 2019, pengguna internet di Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun menghabiskan waktu rata-rata selama 7 jam 59 menit untuk berselancar di dunia maya. Angka tersebut tentu melampaui rata-rata global yang hanya menghabiskan waktu 6 jam 43 menit ketika menggunakan internet per harinya.

Waktu berselancar penduduk Indonesia dengan internet tersebut sangatlah tinggi, sehingga membawa Indonesia ke dalam daftar 10 besar negara yang paling sering mengakses internet.

Indonesia menduduki peringkat ke delapan dalam daftar negara yang paling lama menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet.

Pencapaian tersebut dibilang menurun dibandingkan tahun lalu yang pada waktu itu Indonesia berada di peringkat lima besar. Namun Indonesia tidak serta merta mengalami penurunan akan tetapi juga memiliki pencapaian lain dalam jumlah pengguna media sosial.

Peningkatan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

Masih dengan riset yang sama, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mecapai 160 juta orang pengguna, meningkat 8,1 persen atau 12 juta orang pengguna dibandingkan tahun lalu. Dengan demikian, penetrasi penggunaan media sosial di Indonesia sudah mencapai 59 persen dari keseluruhan jumlah penduduknya.

Rata - rata penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia telah mencapai 3 jam 26 menit per hari. Angka itu juga berada di atas rata-rata global yang mencatat waktu 2 jam24 menit per harinya. Uniknya, rata-rata penduduk Indonesia memiliki sekitar 10 akun media sosial per orang, baik aktif maupun tidak aktif menggunakannya.

Sementara 65 persen pengguna media sosial di Indonesia memanfaatkan media sosial tersebut untuk bekerja. Kebanyakan orang Indonesia lebih suka berselancar di internet melalui smart phone mereka daripada harus membuka PC ataupun laptop.

Internet ibarat pusat perhatian bagi masyarakat Indonesia sehingga ponsel yang memiliki koneksi internet menjadi hal yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, tidak heran Indonesia bisa menempati peringkat kelima di dunia dalam hal pengguna terlama di internet melalui ponsel.

Peningkatan Jumlah Pengguna Internet Mobile di Indonesia

Menurut riset We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta pengguna. Namun faktanya, pengguna internet mobile jauh lebih banyak hampir 2 kali lipatnya. Saat ini sudah tercatat masyarakat Indonesia yang menggunakan koneksi internet di perangkat smart phone atau tablet mereka, mencapai 338,2 juta orang pengguna.

Jumlah angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 15 juta orang pengguna atau 4,6 persen ketimbang tahun lalu. Jika dibandingkan dengan jumlah total penduduk Indonesia, angkanya mencapai 124 persen.

we are social

Riset ini dapat diartikan bahwa banyak pengguna internet di Indonesia memiliki lebih dari satu perangkat smart phone. Indonesia berada di peringkat tiga dengan jumlah pertumbuhan populasi yang mengakses internet sebesar 17 persen dalam satu tahun terakhir.

Angka ini sama dengan 25,3 juta orang pengguna internet baru dalam setahun terakhir. Pertumbuhan populasi pengguna internet di Indonesia ini masih kalah dari Cina dan India.

India menempati posisi pertama dengan 127 juta orang pengguna internet baru dalam satu tahun. Sementara Cina berada di peringkat kedua dengan 25,4 juta orang pengguna internet baru dalam setahun terakhir.*

---

Sumber : teknoia.com | detik.com | kompas.com

Catatan Redaksi:

Penulis merupakan peserta magang jurnalistik yang diselenggarakan GNFI untuk periode Agustus 2020.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YP
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini