Diklaim Terbesar Se-Asia Tenggara, Inilah Calon Destinasi Jateng Valley

Diklaim Terbesar Se-Asia Tenggara, Inilah Calon Destinasi Jateng Valley
info gambar utama

Selain Candi Borobudur dan destinasi wisata lainnya, kini Provinsi Jawa Tengah tengah berbangga. Bagaimana tidak? Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginformasikan kepada masyarakat bahwa akan ada satu destinasi besar yang akan diresmikan dalam waktu dekat.

Destinasi tersebut bernama Jateng Valley. Melalui cuitan Twitternya, Ganjar Pranowo mengunggah video berdurasi hampir dua menit mengenai proyek yang akan dimulai tahun ini.

Dalam video yang diunggah, diinformasikan bahwa Jateng Valley akan didirikan diatas lahan seluas hampir 400 hektar dan berada di Hutan Wisata Penggaron, Ungaran, Jawa Tengah.

Sebagian besar lahan ini akan dibangun sebagai Botanical Park (80 Ha), Eco Theme Park (52 Ha), Eco Safari (51,4 Ha), Eco Housing (52 Ha), serta berbagai wahana lain seperti Jateng Valley Walk, Eco Farm Land, Eco Water Park, Eco Lake dan masih banyak lagi.

Peta proyek Jateng Valley © Pemprov Jateng
info gambar

Destinasi wisata Jateng Valley nantinya juga akan ditunjang dengan fasilitas resort, hotel, taman bermain, science center, MICE, dan wahana outbond.

Agar semakin ramah lingkungan, destinasi ini juga menyediakan jalur akses ramah lingkungan berupa jalur kendaraan elektrik, sepeda, e-bike, e-scooter, buggy car, serta jalur pedestrian. Menggunakan anggaran sebesar Rp. 2 Triliun, proyek ini akan dikerjakan secara multiyears.

Gambar rencana proyek Jateng Valley © Pemprov Jawa Tengah
info gambar

Mengutip situs jatengprov.go.id, tema besar destinasi Jateng Valley adalah Ecological Sanctuary, Sustainable Leisure, dan Futuristic Space, dimana tema ini akan memadukan wisata dan edukasi berbasis alam. Proyek Jateng Valley akan berlangsung sekitar dua hingga empat tahun.

Foto rencana proyek Jateng Valley © Pemprov Jateng
info gambar

Ganjar Pranowo menyatakan, orentasi utama Jateng Valley adalah lingkungan.

“Kita harapkan orientasi lingkungannya nomor satu, sehingga orang kesinipun akan mendapat pembelajaran, berbagi pengalaman yang eco-friendly, enak dan nyaman,” kata Ganjar.

Kita tunggu saja kelanjutan proyek super besar yang sangat membanggakan ini. Semoga lancar dan semoga proyek ini dapat membanggakan masyarakat Jawa tengah dan Bangsa Indonesia!*

Sumber: jatengprov.go.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini