Inilah Deretan Kota Terbersih di Indonesia 2020

Inilah Deretan Kota Terbersih di Indonesia 2020
info gambar utama

Semua orang pasti merasakan kenyamanan saat mereka berada di lingkungan yang bersih dan terawat. Tak ada kotoran, udara bersih, rapi, dan tentu saja menjadi impian semua orang saat tinggal di suatu tempat.

Negeri ini tak lepas dari pencemaran lingkungan, terutama sampah. Ya, Indonesia memang terkenal sekali akan sampahnya yang menggunung, bahkan di laut lepas. Tapi, sadarkah jika Indonesia bukanlah negara buruk penuh sampah seperti itu?

Tentu saja pemikiran orang tentang sampah yang ada di Indonesia harus segera dihilangkan, lantaran Indonesia sendiri tak seburuk itu terlebih lagi Indonesia mempunyai deretan kota-kota terbersih yang sangat menyamankan bagi siapapun yang berkunjung.

Sudah banyak sekali kota-kota di Indonesia yang meraih piala Adipura. Untuk yang belum tahu, piala Adipura adalah penghargaan yang diberikan untuk kota-kota Indonesia karena berhasil mengelola lingkungan hingga menjadi kota terbersih.

Untuk kriteria kota yang berhasil mendapatkan piala Adipura sendiri meliputi dua indikator, yaitu kondisi fisik lingkungan dalam hal kebersihan dan keteduhan, serta indikator pengelolaan lingkungan.

Berikut ialah daftar kota-kota di Indonesia yang mendapatkan predikat kota terbersih, hingga mendapatkan piala Adipura di tahun 2020.

Surabaya

Kota Surabaya | Foto: Unsplash
info gambar

Selain menjadi kota pahlawan, Surabaya juga menjadi kota terbersih di Indonesia. Apakah Kawan sudah tahu? Mungkin beberapa Kawan belum tahu, jika Surabaya merupakan kota terbersih di Indonesia.

Akan tetapi, faktanya sudah banyak sekali wisatawan dari kota lain yang mengaku jika Surabaya merupakan kota bersih dan tatanannya sangat rapi.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sudah memiliki sebuah pengelolahan sampah modern yang dapat mengelolah sampah dengan cepat dan praktis. Surabaya sendiri juga sudah mendapatkan penghargaan, seperti 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, 5 Plakat Adipura, dan 11 penghargaan kinerja pengurangan sampah kepada kabupaten atau kota.

Malang

Malang merupakan salah satu kota dengan udara terbersih di Indonesia
info gambar

Siapa yang tak kenal dengan kota Malang? Kota Malang memang identik dengan pegunungan hingga udaranya yang dingin, apalagi jika berkunjung ke daerah dataran tingginya seperti Pacet atau Batu.

Untuk itu, Malang juga dinobatkan sebagai kota terbersih mulai dari isi kotanya hingga udaranya. Tak heran jika wisatawan dibuat betah dengan pesona kota Malang yang nyaman dan tertata segala kerapiannya.

Kota Malang memang dikenal dengan upaya Go Green-nya, sehingga tak heran jika di sekitar kota Malang selalu ditumbuhi banyak sekali tanaman-tanaman hijau yang membuat udaranya semakin sejuk dan bersih.

Tanggerang

Tanggerang merupakan kota Metropolitan terbersih di Indonesia
info gambar

Jika berbicara tentang Tanggerang pasti langsung kepikiran tentang pasar Cipadu yang mirip dengan Tanah Abang, kan? Tanggerang memanglah kota yang enggak kalah banyak fasilitasnya dengan Jakarta, termasuk fasilitas bandara Sukarno-Hatta.

Tanggerang juga memiliki julukan kota metropolitan dan pada tahun 2008/2009, dan berhasil menyabet gelar kota metropolitan terbersih di Indonesia dengan membawa pulang piala Adipura sebagai lambang kebersihan kota.

Tanggerang sendiri memang cukup terkenal dengan tatanan kotanya yang rapi dan masih banyak penghijauannya. Tanggerang dinobatkan sebagai kota dengan hunian ternyaman lantaran kota ini selalu rutin memberantas sampah, bukan hanya di daerah kotanya saja melainkan hingga perkampungannya.

Tak heran jika Tanggerang sudah beberapa kali membawa pulang piala Adipura dan di tahun 2020 ini Tanggerang berhasil membawa pulang piala Adipura kembali dalam kategori kota metropolitan terbersih.

Semarang

Semarang menjadi kota dengan pariwisata terbersih se Asia Tenggara
info gambar

Apa yang ada di dalam benak Kawan jika mendengar Semarang? Tentu saja banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik di Semarang. Selain itu, banyak juga para wisatawan yang setiap harinya berkunjung ke Semarang demi melihat destinasi-destinasi menarik.

Meskipun Semarang termasuk kota yang cukup padat penduduknya, tapi pemerintah kota Semarang sendiri sangat ketat dalam memperbaiki kotanya hingga masuk ke dalam jajaran kota dengan wisata terbersih se-Asia Tenggara.

Sebelumnya, Semarang juga mendapatkan piala adipura 6 kali berturut-turut sejak tahun 2012 dan prestasi kota Semarang sebagai kota terbersih akhirnya bias tembus se-Asia Tenggara di tahun 2020 ini. Luar biasa, bukan?

Nah, selain kota-kota di atas, masih banyak sekali kota dengan penghargaan Adipura yang patut Kawan tahu. Contohnya saja seperti kota Padang, Banjarmasin, Mojokerto, Ambon dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu saja tak lepas dari pantauan pemerintah setempat dalam membenahi kota mereka hingga bisa menjadi kota yang bersih dan rapi peraih piala Adipura di tahun ini.

Terbukti jika Indonesia juga memiliki kota-kota terbersih mulai dari wisatanya, keadaan kotanya, hingga kualitas udaranya. Semuanya memang butuh perawatan yang super teliti agar bisa terus menjadi kota yang lebih baik dan bisa mendapatkan piala Adipura selanjutnya.

Namun untuk saat ini, peringkat kota terbersih masih dipegang oleh kota Surabaya yang memang sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan. Semoga kota-kota yang lain juga bisa menjadi kota terbersih, ya!

Referensi: Cekaja.com | Bombastis.com | Liputan6.com | 99.co

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini