Pengembangan Kepemimpinan dan SDM bagi Pemuda Bersama AIESEC

Pengembangan Kepemimpinan dan SDM  bagi Pemuda Bersama AIESEC
info gambar utama

Masalah sumber daya manusia (SDM) masih menjadi fokus penting dari pemerintah Indonesia saat ini. Dari Dokumen Indeks Modal Manusia atau Human Capital Index (HCI) yang dirilis Bank Dunia pada tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke-87 dari 157 negara, dengan nilai 0,53 dari skala 0-1, serta tertinggal dari negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM terus dilakukan. Salah satunya peluncuran kebijakan kampus merdeka untuk membangun SDM unggul, dan lebih adaptif yang dimulai dari dunia perkuliahan hingga terjun ke dunia profesional dan masyarakat nantinya.

Figure 1 AIESEC sebagai salah satu platform pengembangan kepemimpinan dan potensi pemuda sejak 1948 | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Berdasarkan fakta tersebut, AIESEC in UIN Jakarta berinisiatif untuk mengajak para pemuda, khususnya mahasiswa UIN Jakarta untuk mengembangkan diri dan keterampilan kepemimpinan, mulai dari dunia perkuliahan dengan mengadakan virtual talkshow bernama “JA Talk:Create Your Future & Define Your Passion”.

Kegiatan ini diadakan secara virtual pada Minggu (6/9/2020) lalu dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di UIN Jakarta.

Figure 2 Dampak pengalaman kepemimpinan di AIESEC bagi karir Putra Mulia, konsultan bisnis di perusahaan internasional sekaligus alumni AIESEC | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

JA Talk merupakan kegiatan yang ditujukan kepada mahasiswa Indonesia untuk memperkenalkan proses pengembangan diri di AIESEC, dan penerapannya oleh anggota serta alumni AIESEC in UIN Jakarta.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa dapat melihat visualisasi dari kontribusi kepemimpinan dan pengembangan diri di AIESEC terhadap dunia profesional, hingga ke kampus dan masyarakat.

Selain itu, berbagai kegiatan kepemimpinan di AIESEC juga dapat memberikan dampak terhadap karier di dunia kerja yang potensial untuk mewujudkan SDM berkualitas unggul, sesuai dengan tujuan dari kebijakan kampus merdeka itu sendiri.

“Diharapkan peserta dapat memiliki pemahaman mengenai AIESEC sebagai sebuah organisasi kepemimpinan pemuda, bagaimana AIESEC membangun kepemimpinan pada pemuda, dan juga mengenai kepemimpinan itu sendiri. Yang di mana setelah peserta mengetahui hal tersebut, diharapkan mereka dapat mengambil peran sebagai pemimpin yang berdampak besar dan menginspirasi di lingkungannya,” ujar Nada Ayunita selaku Vice President of External Relations AIESEC in UIN Jakarta.

Dalam kegiatan ini, AIESEC in UIN Jakarta mengundang komunitas serta media yang berbagi nilai yang sama mengenai pengembangan diri. Selain itu, peserta dari kegiatan ini mengikuti kuis berhadiah dengan nama “JOIN AIESEC Challenge” setelah acara.

Kuis tersebut dapat membantu para peserta dalam menyampaikan pemahamannya terhadap kepemimpinan dan perannya terhadap peningkatan kualitas SDM, dan berdampak bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini