Resmi, Aplikasi Gojek Sudah Bisa Dipakai di Empat Negara

Resmi, Aplikasi Gojek Sudah Bisa Dipakai di Empat Negara
info gambar utama

Beberapa waktu lalu kabar baik datang dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek. Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Gojek secara resmi menggunakan nama Gojek kepada anak perusahaannya di Thailand dan Vietnam.

“Berkibarnya nama Gojek di empat negara bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia ini, semakin menjadi validasi daya saing karya anak bangas di kancah internasional” ungkap CEO Gojek Andre Soelistyo dalam keterangan resmi dikutip dari Kompas.com (18/09/2020)

Dilansir CNBC Indonesia, Gojek sebelumnya lebih dulu memberikan pengumuman bahwa mereka akan menyatukan aplikasi dan mereknya di bawah Gojek. Hal ini juga sebagai bagian dari strategi jangka panjang untuk membuat dampak positif dan mempercepat inovasi pelanggannya di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, salah satu perusahaan start up asal Indonesia tersebut sudah berhasil melebarkan bisnis jasanya di negara Asia lainnya seperti Vietnam, Singapura, dan Thailand. Dibanding negara tetangga Singapura, layanan Gojek telah lebih dulu dinikmati oleh masyarakat Vietnam.

Di tahun 2018 Gojek secara resmi diluncurkan di Vietnam dengan nama Go-Viet. Ekspansi rupanya terus dilakukan oleh startup decacorn pertama Indonesia ini, setelah Vietnam Gojek juga tersedia di Singapura pada tahun yang sama. Yang kemudian berlanjut lagi di tahun 2019 Gojek karena keberhasilannya mengaspal di Thailand.

Namun, sama seperti Vietnam, nama Gojek tidak diberikan pada “cabang” di Negeri Gajah Putih tersebut. Nama GET dipilih untuk menamai layanan Gojek di Thailand, hal itu dikarenakan orang Thailand membutuhkan nama yang lebih familiar bagi masyarakat setempat.

Sebelumnya Go-Viet yang ada di Vietnam telah terlebih dahulu mengubah namanya menjadi Gojek. Kemudian disusul pengumuman penggunaan nama Gojek di empat negara tepat pada 17 Agustus lalu yang di sambut antusias oleh penggunanya.

Dengan menggunakan satu nama yang sama kini semua pengguna aplikasi Gojek di keempat negara yakni Indonesia, Vietnam, Singapura dan Thailand bisa menggunakan satu aplikasi yang sama bernama Gojek yang bisa diakses di negara-negara tersebut.

Kesuksesan Gojek tidak hanya terjadi di negara induk perusahaan, di negara lainnya Gojek juga perlahan-lahan merasakan kesuksesan. Dilansir Kompas.com, layanan GoFood di Vietnam tumbuh pesat. Pada tahun 2019 saja--saat masih bernama GoViet--Gojek masuk kedalam daftar 100 produk layanan yang paling diandalkan di Vietnam versi Vietnam Economic Times.

Hampir sama seperti Vietnam, GET di Thailand menjadi platform delivery yang paling pesat di Thailand. Hingga saat ini sudah ada 50 ribu driver yang menjadi mitra Gojek Thailand. Dilansir Bangkok Post melalui CNN Indonesia, pakar e-commerce Pawoot Pongvitayapanu mengatakan penyatuan nama di bawah Gojek di Thailand akan memudahkan investor melihat pertumbuhan pengguna Gojek.

Hal tersebut rupanya dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi selanjutnya. Dengan kesuksesan di tiga negara tersebut, Gojek berencana akan melanjutkan ekspansinya ke Negara Asia lainnya seperti Filipina dan Malaysia.

Sumber: CNBC Indonesia | Kompas | CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini