Sering Disangka Produk Luar Negeri, Beberapa Brand Ini Ternyata Produk Asli Indonesia

Sering Disangka Produk Luar Negeri, Beberapa Brand Ini Ternyata Produk Asli Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, Indonesia memiliki banyak merek dan produk di yang beredar luas pasaran saat ini. Namun, ternyata tidak sedikit produk Indonesia yang masih dikira produk luar negeri karena nama yang digunakan 'kurang' Indonesia.

Penggunaan nama dan juga branding rupanya berpengaruh terhadap imej produk itu sendiri. Tak sedikit merek terkenal yang dijumpai dimana-mana kerap disangka produk luar negeri karena nama dan konsep yang digunakan seperti produk luar negeri.

Selain cokelat SilverQueen yang berasal dari Garut, ternyata masih ada beberapa produk asli Indonesia yang banyak dikira produk luar negeri. Berikut beberapa merek terkenal yang kerap disangka produk luar

  1. J.Co

Restoran yang dikenal dengan produk donat dan biasa ditemukan di pusat perbelanjaan ini adalah brand asal Indonesia. Gerai J.Co Donuts & Coffee ini didirikan pertama kali di Lippo Karawaci pada 2005 oleh Johnny Andrean yang tak lain seorang pengusaha salon Indonesia. Johnny mendapatkan ide bisnis ini dari kebiasaannya yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika, dan Johnny kerap mencicipi donat di Negeri Paman Sam tersebut. Selain tersebar di Indonesia, brand ini juga telah melakukan ekspansi ke negara lain seperti Singapura, Australia dan Hongkong.

  1. Aqua
Produk AQUA © seminyaktimes.com
info gambar

Meskipun Aqua berada di bawah Danone sebenarnya Aqua merupakan produk Indonesia. Awalnya Aqua didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo dan mendirikan pabrik pertamanya di Bekasi. Aqua semakin dikenal masyarakat Indonesia, puncaknya saat Aqua menjadi sponsor PON (Pekan Olahraga Nasional). Namun, pada tahun 1994 Aqua berada di posisi buruk karena sang pendiri meninggal dunia dan cukup menimbulkan guncangan internal di Aqua. Akhirnya untuk memperkuat kembali Aqua terjalinlah kerjasama antara Aqua dan perusahaan Perancis, Danone.

  1. Krisbow
© Facebook Krisbow Makassar
info gambar

Cukup banyak yang mengira brand buatan luar negeri, Krisbow sebenarnya produk asli Indonesia yang berada di bawah naungan Grup Kawan Lama (GKL). Nama Krisbow sendiri pun diambil dari nama pengusaha Indonesia Krisnandi Wibowo yang merupakan putra pendiri Grup Kawan Lama, Wong Jin. Krisbow pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dan hingga saat ini Krisbow telah menawarkan berbagai macam produk peralatan teknik, perangkat rumah tangga hingga furnitur.

  1. Richeese Factory
© id.wikipedia.org
info gambar

Restoran cepat saji ini diproduksi oleh PT Kaldu Sari Nabati yang juga mengeluarkan produk wafer keju Richeese Nabati. Resto yang identik dengan rasa keju ini berada di bawah PT Richeese Kuliner Indonesia yang didirikan Nabati pada tahun 2011. Richeese Factory berhasil membuka gerai pertamanya di Paris Van Java Mall Bandung dengan nama Richeese Eat n’ Go tahun 2012. Saat ini Richeese Factory sudah memiliki sekitar 130 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

  1. La Fonte
© bogasari.com
info gambar

La Fonte mungkin memang terdengar seperi bahasa Italia ataupun Perancis, namun ternyata La Fonte ini merupakan merek ini asli dari Indonesia. Merek yang terkenal dengan produk pasta ini ternyata berada di bawah PT Bogasari. La Fonte sendiri saat ini sudah mengeluarkan berbagai jenis pasta dan juga saus pasta. Saat ini produk La Fonte sudah go internasional dan bisa ditemukan di negara Asia lainnya seperti Hongkong, Korea, Filipina, Malaysia dan Thailand.

  1. Hoka Hoka Bento
© id.wikipedia.org
info gambar

Siapa sangka resto yang identik dengan nama dan makanan Jepang ini ternyata asli Indoneisa. Resto yang lebih akrab dengan nama Hokben ini memang terdengar Jepang, terlebih menu-menu yang disajikan pun juga makanan Jepang. Namun ternyata Hokben sendiri pertama kali muncul di Kebon Kacang Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Perusahaan yang didirikan oleh Hendra Arifin ini menyajikan berbagai makanan cepat saji ala Jepang yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Sumber : Maxmonroe.com | Sejarahlengkap.com | Insight.mbiz.co.id | Id.investing.com | Wiratech.co.id | Kabarsidia.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CY
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini